Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 21:26 WIB

Kondisi Psikologis Ibu Berpengaruh pada Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 11 April 2018 | 17:55 WIB

Berita Terkait

Kondisi Psikologis Ibu Berpengaruh pada Anak
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kondisi psikologis dari seorang ibu dan calon ibu sangat berpengaruh pada kestabilan emosional seorang anak.

Anak yang diasuh dan berada pada lingkungan yang bahagia dan tercukupi kebutuhannya akan cenderung lebih ceria dan mudah bersosialisasi di dalam masyarakat nantinya. Karena itu, para ibu baru sangat membutuhkan support sistem dari orang - orang disekitarnya. Salah satunya adalah peran seorang ayah.

"Support sistem ibu baru adalah pendamping hidupnya yaitu suami, serta keluarga terdekat. Untuk para millenial mom sekarang lebih banyak. Misalnya, masuk dalam grup parenting atau komunitas, ini mendapat sosial support yang besar," papar Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog dari TigaGenerasi saat ditemui di acara mothercare, Jakarta, Rabu, (11/04/2018).

Karena itu, mothercare juga menyediakan wadah untuk para calon ibu dan ibu baru untuk berbagi informasi tentang serunya kehidupan parenting. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi psikologis calon ibu dan para ibu baru, tetapi juga untuk kesehatan psikologis anak.

"Jika para ibu tidak mendapatkan dukungan yang penuh dari orang sekitar, biasanya ibu mengalami depresi. Tingkat yang ringan, seorang ibu bisa mengalami babyblues," tambahnya.

Masih menurutnya, para ibu millennial cenderung memiliki rasa keingintahuan yang besar dan mencari informasi yang diinginkan melalui bantuan internet. Rasa keingintahuan tersebut yang mendorong mereka untuk sering berbagi satu sama lain melalui platform media sosial. Hal ini, menurut Vera, dapat membantu keadaan psikologis ibu menjadi lebih baik lagi.

"Salah satu bentunya dengan kampanye seperti #senangnyajadi ibu ini dapat menjadi relevan," ujar Vera.(tka)

Komentar

Embed Widget
x