Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 Agustus 2018 | 13:21 WIB

Jumlah Wisatawan Jepang Menurun ke Indonesia?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 4 April 2018 | 17:55 WIB

Berita Terkait

Jumlah Wisatawan Jepang Menurun ke Indonesia?
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wisatawan asing salah satunya dari negara Jepang ternyata yang paling banyak berwisata ke Indonesia.

Tidak hanya Jepang, beberapa wisatawan dari negara lain, yaitu Singapura, Australia, Malaysia, dan Tiongkok menjadi salah satu penyumbang wisatawan ke Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Managing Director Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto dalam acara 2nd Indonesiaweek, di Jakarta, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (04/04/2018).

Masih menurutnya, merujuk pada data Kementerian Pariwisata, terlihat jumlah wisatawan Jepang yang ke luar negeri sebanyak 22,5 juta orang. Dari jumlah tersebut, untuk wisatawan yang berkunjung ke Indonesia sekitar 2,33 persen.

"Sebanyak 243,349 turis Jepang ke Indonesia sejak Januari hingga Juni 2016 dengan pertumbuhan minus 0,43 persen, artinya jumlah orang Jepang ke Indonesia turun di mana tahun lalu berjumlah 244,395 turis di periode yang sama," tambahnya.

Melihat jumlah tersebut, Toto melihat perlu adanya inisiatif yang kuat dari semua pihak untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing khususnya Jepang ke Indonesia. Ini agar pertumbuhan wisatawan asing Jepang ke Indonesia terus meningkat seperti sebelumnya.

"Kondisi ini memerlukan suatu inisiatif dari berbagai pihak. Kita tidak dapat bergantung pada program pemerintah yang memiliki keterbatasannya sendiri. Justru daya dukung swasta saat ini menjadi upaya yang harus dioptimalkan," paparnya. (tka)

Komentar

Embed Widget

x