Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 23:01 WIB

Tekanan Darah Tinggi, Ringankan dengan Pijatan

Oleh : Suyadi | Senin, 2 April 2018 | 16:30 WIB

Berita Terkait

Tekanan Darah Tinggi, Ringankan dengan Pijatan
(Foto: Ilustrasi)

GANGGUAN sakit tekanan darah tinggi disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah menuju ke kepala atau otak. Sedangkan penyumbatan itu sendiri diakibatkan oleh beberapa faktor.

Dari beberapa kasus tekanan darah tinggi lebih sering disebabkan pekerjaan yang berlebihan dengan tidak mengenal waktu istirahat. Kemudian kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, minum-minuman keras, kopi, coklat, makanan yang terlalu asin, penyakit kronis, pikiran tegang atau setres, genetika atau keturunan, tidak pernah olahraga dan sebagainya. Lalu bagi perempuan pemakaian obat anti hamil atau pil KB juga sering berpengaruh terhadap tekanan darah tinggi.

Faktor-faktor tadi harus dikurangi, dihindari dan dipantang karena sering menjadi pemicu timbulnya tekanan darah tinggi atau gangguan kesehatan.

Gerak badan atau berolahraga secara teratur dan makan makanan yang memiliki kadar gizi seimbang serta istirahat yang cukup merupakan upaya mandiri yang mudah dan murah serta dapat dilakukan sendiri.

Meski begitu jangan khawatir tekanan darah tinggi dapat diringankan disembuhkan dengan terapi urut/pijat. Caranya dengan merangsang, menekan titik refleksi pada ujung jari-jari dan tapak tangan. Telapak kaki dan jari-jari, dipijat yang kuat, keras menggunakan jari telunjuk dan ibu jari tangan bergantian selama 15 menit. Dimulai dari bagian lengan atas dalam ketiak menyusur geser ke bawah sampai bagian tangan.

Kemudian jari-jari dan bagian ujung ibu jari dipijat yang keras menggunakan ruas kedua jari telunjuk dan ruas pertama ibu jari, atau ujung jari telunjuk jari tengah dan jari manis ditahan selama 5 detik. Pijatan diulang-ulang hingga saluran darah terasa lentur, aliran darah lancar dan tengkuk berasa lemas badan jadi nyaman.

Terapi daerah kaki dimulai dari tengah telapak kaki sampai ujung-ujung jari menyusur ke bawah dan kembali melawati sisi dalam kaki. Melingkari pergelangan terus sampai ujung jari ke-5, 4, 3, 2 dan ujung ibu jari.

Terapi yaitu merawat titik-titik refleksi pada permukaan tubuh di zona meridian (ginjal, saluran kencing, kandung kencing, kelenjar adrenal dan kelenjar gondok) kiri kanan.

Pijatan tidak perlu pakaian yang kusus, tempat khusus, waktu yang lama, yang dibutuhkan adalah kemauan. Pijatan juga dapat dilakukan sendiri kapan saja dimana saja. Yang sama pentingnya dari upaya penyembuhan tersebut menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kambuh dan memicu timbulnya kembali penyakit. [*]

Komentar

Embed Widget
x