Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 04:37 WIB
 

Deteksi Dini Kanker pada Anak

Orangtua Harus Cek Kesehatan Anak Sejak Dini

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 26 Maret 2018 | 15:55 WIB
Orangtua Harus Cek Kesehatan Anak Sejak Dini
(Foto: inilahcom/Tika)

INILAHCOM, Jakarta - Kanker pada anak tidak datang begitu saja. Sebagai orangtua, harus peduli dan peka ketika anak sedang jatuh sakit. Karena itu, orangtua harus segera cek kesehatan anak sejak dini.

Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Dharmais, dr. Abdul Kadir menjelaskan, orangtua harus benar - benar memastikan anaknya yang sedang mengalami sakit. Karena, pada dasarnya, penyakit kanker pada anak salah satunya adalah leukemia umumnya memberikan gejala yang sangat sama dengan penyakit biasa.

"Tidak ada yang khas pada kanker leukemia yang mendera anak. Terdapat pendarahan kecil, demam, lebam - lebam di tubuh," papar dr. Abdul Kadir saat ditemui di Rumah Sakit Dharmais pada acara Penyerahan donasi dari Prudential kepada Rumah Sakit Dharmais, Jakarta, Senin, (26/03/2018).

Masih menurutnya, ketika para orangtua menemukan beberapa gejala yang dirasa perlu untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya, jangan pernah ragu untuk ke dokter. Lebih baik, memeriksakan semua kesehatan anak secara lengkap, agar bisa lebih mengetahui apa saja penyanyi yang diderita buah hati.

"Saat ini, Rumah Sakit Dharmais terus menerima anak penyitas kanker. Untuk penanganan anak dengan dewasa, tentunya sangat berbeda. Karena, dari usia pun, anak - anak memang butuh pendampingan khusus dalam masalah psikologis dan kejiwaan," tambahnya.

Untuk memberikan pengobatan pada anak, dr. Abdul Kadir menambahkan, disamping melakukan pengobatan medis khusus penanganan kanker, dibutuhkan pula seorang ahli jiwa untuk mengatasi psikologis dalam diri.

"Bagaimanapun juga penyakit kronis ini harus membutuhkan penanganan khusus, terlebih untuk anak - anak," ujarnya.

Agar fasilitas untuk anak - anak semakin memadai, Prudential Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), merealisasikan komitmen dengan menyerahkan donasi sebesar Rp. 4,5 Miliar untuk renovasi bangsal di Rumah Sakit Kanker Dharmais.

"Komitmen kami terhadap perawatan penyakit kanker di Indonesia masih besar seperti 13 tahun lalu saat pertama kali kami bersama yayasan YOAI membuka bangsa bagi anak - anak penderita kanker di Rumah sakit Kanker Dharmais," ungkap Jens Reish Presiden Direktur Prudential Indonesia.(tka)

Komentar

Embed Widget

x