Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 13:31 WIB
 

Makanan Sehat Ini Baik Dikonsumsi Saat Menstuasi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 23 Maret 2018 | 16:15 WIB
Makanan Sehat Ini Baik Dikonsumsi Saat Menstuasi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Makanan apa yang paling tepat saat menstruasi? Selain harus bergizi cukup dan sehat, tentunya harus bisa membuat Anda happy.

Mengutip dari buku saku sehat dan bersih saat menstruasi dari Kementerian Kesehatan RI, Perkumpulan Obsteri dan Ginekologi Indonesia yang didukung oleh, Mundipharma, Jumat, (23/03/2018), kebanyakan perempuan ingin makan yang asin, manis, atau mendadak bernafsu makan tinggi, sebelum menstruasi.

Walaupun ada juga yang jadi malas makan karena didera PMS, supaya tetap bugar dan punya energi menghadapi hari - hari istimewamu, coba santap makanan berikut ini.

1. Pilih makanan yang diidamkan

Boleh saja tetap menyemil makanan manis, tapi ada batasannya. Misalnya, makan roti dengan selai kacang, yoghurt dengan granola, buah kering dan kacang - kacangan.

2. Makanan mengandung zat besi

Saat menstruasi kamu akan kehilangan darah dan berisiko kehilangan darah dan berisiko mengalami anemia. Untuk mengatasi hal itu, cobalah makan daging merah, unggas, ikan laut, sayuran hijau, atau sereal.

3. Makanan kaya kalsium

Kalsium menurut beberapa penelitian bisa mengurangi nyeri PMS. Coba konsumsi produk susu, sayuran hijau, tahu, atau makanan lain yang kaya akan kalsium.

4. Kunyit

Kunyit juga mampu meredakan gejala PMS. Ambil sedikit kunyit bubuhkan ke dalam sup, teh, atau bumbu makanan untuk mendapatkan manfaatnya. Diminum sebagai jamu kunyit asam juga sangat segar.

5. Ikan

Asam lemak omega 3 adalah anti inflamasi yang bisa meringankan PMS. Kamu bisa makan ikan seperti salmon, sarden, teri, dan bandeng.

6. Jahe

Jahe juga memiliki sifat anti inflamasi dan ampuh meredakan sakit perut. Seperti kunyit, jahe bisa ditambahkan ke dalam teh, saus makanan, dibuat wedang jahe, atau susu jahe.

7. Kacang - kacangan

Kacang - kacangan, biji - bijian, dan minyak sayur banyak mengandung vitamin E, sehingga bisa mencegah pusing akibat menstruasi.

8. Serat

Makanan tinggi serat seperti gandum utuh, buah - buahan, dan sayuran bisa mencegah masalah pencernaan yang seringkali muncul saat datang bulan.

9. Camilan rendah garam

Rata - rata wanita ingin makan camilan asin saat menstruasi. Masalnya, camilan asin akan memicu kembung dan membuat menstruasi jadi lebih buruk. Ganti dengan kentang goreng buatan sendiri atau konsumsi popcorn tanpa garam. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x