Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 04:36 WIB
 

Anak Muda Buat Kearifan Lokal Jadi Kekinian

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 21 Maret 2018 | 19:30 WIB
Anak Muda Buat Kearifan Lokal Jadi Kekinian
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kini, tidak jarang banyak anak muda melakukan eksplorasi di berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya mengunjungi tempat wisata yang indah, tetapi juga mencari kearifan lokal.

Melihat hal tersebut, Wida D. Herdiawan, selaku ketua penyelenggara pameran Adiwastra Nusantara 2018 yang mengangkat tema Nuansa Kekinian dalam Balutan Wastra Adati Nusantara, menganggap hal tersebut adalah sebuah kemajuan dan sangat positif untuk perkembangan budaya di Indonesia.

Sebab, dengan banyaknya anak muda datang ke daerah pelosok dan memamerkan hasil kerajinan tangan masyarakat setempat, kemudian ditampilkan ke media sosial, selanjutnya karya tersebut akan semakin terkenal.

"Daerah bagus saat ini NTT. Banyak anak - anak muda yang datang ke daerah sangat menarik ketika mereka belajar menenun. Dengan begitu, mereka bersatu dengan lingkungan," papar Wida.

Masih menurutnya, dengan belajar menenun di daerah asal tempat kain tenun lahir, ini dapat memberikan pelajaran budaya yang sangat berarti dan membekas di hati anak muda.

"Mereka bisa menikmati tempatnya, udaranya, dan budayanya. Kalau di Jakarta mereka lihat hanya sudah berbentu kain tenun yang sudah jadi," tambahnya.

Kemudian, proses menenun di daerah itu juga bukan hanya menjadi daya tarik para wisatawan nusantara (wisnus) tetapi juga wisatawan mancanegara (wisman).

"Desainer luar datang dan melihat proses menenun dan sangat tertarik. Orang - orang di daerah juga merasa senang, karena para bule bisa menyukai karyanya. Ternyata hal ini menarik sekali, samkin melihat mereka bekerja membuat kain tenun," ujarnya.(tka)

Komentar

Embed Widget

x