Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 April 2018 | 19:47 WIB
 

Nyeri PMS Bisa Dihilangkan?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 20 Maret 2018 | 10:30 WIB
Nyeri PMS Bisa Dihilangkan?
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - PMS, pre menstruasl syndrome atau gejala - gejala yang dapat dirasakan tubuh perempuan sebelum menstruasi. Apakah hal itu bisa dihilangkan?

Mengutip dari buku saku Sehat dan Bersih saat menstruasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, Perkumpulan Obsteri dan Ginekologi Indonesia, Jakarta, ditulis, Selasa, (20/03/2018), banyak perempuan merasa takut atau enggan menyambut kedatangan menstruasi karena berbagai gejala PMS yang dialami. Padahal, ada banyak jalan untuk mengatasi situasi tersebut.

PMS disebabkan oleh perubahan tingkat hormon dalam tubuh perempuan yang berdampak pada mood atau emosi. Ketika PMS, ada yang merasakan perubahan mood seperti merasa sedih, mudah marah, atau marah tanpa alasan yang jelas.

Beberapa perempuan merasa payudaranya mengeras dan sakit. Hal ini wajah dan tidak perlu dikhawatirkan.

Nyeri ketika menstruasi beragam. Tidak hanya pada erut. Bisa dirasakan juga pada punggung bagian bawah, pinggang, bahkan paha atas.

Anda bisa melakukan salah satu dari lima tips di bawah ini untuk meredakan rasa sakit.

1. Botol air panas

Kompresan panas, baik dengan botol, atau kantong air panas, diketahui bisa meredakan ketegangan otot. Lakukan ini jika di rumah, terutama menjelang tidur malam, agar istirahat lebih optimal.

2. Olahraga

Tidak semua orang nyaman berolahraga saat menstruasi, tetapi pada kenyataannya, olahraga bisa meredakan PMS dan meningkatkan mood. Setelah berolahraga kamu akan lebih segar, sehingga hari - hari menstruasi tidak dijalani dengan lemas.

3. Makanan Tepat

Mengemil dark chocolate yang kaya akan magnesium, akan sangat membantu meredakan ketegangan otot perut. Sehingga dapat meredakan nyeri.

4. Tidur
Beristirahat menjadi hal penting saat menstruasi. Tidur adalah cara tubuh memulihkan diri. Setelah cukup tidur, nyeri akan mereda karena pertahanan tubuh merespons nyeri meningkat.

5. Yoga dan Meditasi

Beberapa gerakan yoga dapat membantu Anda mengatasi PMS. Coba google dengan kata kunci yoga for menstruation atau yoga untuk menstruasi akan ditemukan berbagai tutorial sederhana. Gabungkan dengan meditasi untuk efek nyaman dan tenang.

6. Pil Pereda Nyeri

Jika nyeri tidak tertahankan, dan sedang di luar rumah atau harus melakukan aktivitas maka para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, khusus untuk meredakan nyeri menstruasi.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x