Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 20:25 WIB

Ini Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal pada Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 19 Maret 2018 | 08:55 WIB

Berita Terkait

Ini Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal pada Anak
(Foto: inilahcom/Mia Umi Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Ada empat cara untuk mendeteksi penyakit ginjal pada anak. Apa saja tahapannya?

Menurut, dr. Eka Laksmi Hidayati, SpAK, RSCM divisi ginjal anak, Baxter Kidney City Tour 2018, Jakarta Aquarium, Minggu, (18/03/2018), menjelaskan, pada dasarnya, ketika anak kedapatan penyakit ginjal, hal ini tidak bisa diprediksi sebelumnya. Pencegahan untuk penyakit tersebut tidak bisa dilakukan, karena penyakit ini umumnya bukan seperti penyakit obesitas.

Berikut adalah beberapa tahapan deteksi penyakit ginjal.

1. Deteksi dini saat kehamilan

Sebagian kelainan bawaan ginjal dan saluran kemih dapat dideteksi sejak saat kehamilan. Karena itu, penting bagi calon orangtua untuk kontrol kehamilan ke fasilitas kesehatan secara rutin dan melakukan pemeriksaan ultrasonografi.

2. Pemeriksaan anak secara rutin

Penyakit ginjal pada anak seringkali tidak menimbulkan gejala sampai tahap lanjut. Gejala dan tanda yang sering dijumpai adalah gagal tumbuh, pucat, cepat lelah, bengkak, kelainan pada kencing.

3. Pemeriksaan tekanan darah

Setiap anak setidaknya dilakukan pengukuran tekanan darah satu kali dalam setahun sejak usia tiga tahun. Pemeriksaan tekanan darah dilakukan lebih sering apabila terdapat faktor tertentu, seperti bayi prematur, bayi berat badan lahir rendah, dan obesitas.

4. Pemeriksaan penunjuang diagnostik, seperti pemeriksaan protein urin, fungsi ginjal, hemoglobin, elektrolit darah, analisis gas darah, urinalisis, dan ultrasonografi.(tka)

Komentar

Embed Widget
x