Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 04:38 WIB
 

Bersih Saat Menstruasi, Penting untuk Organ Intim

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 15 Maret 2018 | 07:00 WIB
Bersih Saat Menstruasi, Penting untuk Organ Intim

INILAHCOM, Jakarta - Menjaga kebersihan dan kesehatan pada organ intim saat menstruasi sangat penting. Hal ini untuk menjaga organ intim tetap sehat agar tidak terjadi infeksi.

Mengutip dari Buku Saku Sehat dan Bersih saat Menstruasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bekerja sama dengan Perkumpulan Obsteri dan Ginekologi Indonesia, serta Mundipharma, yang diluncurkan di SMP 115, Jakarta, Rabu, (14/03/2018), rumus untuk bersih dan sehat saat menstruasi sangat mudah. Cukup dengan sering membersihkan organ intim dan mengganti pembalut lebih sering.

Menjaga kebersihan tubuh saat menstruasi dengan mengganti pembalut sesering mungkin dan membersihkan vagina dari darah akan mencegah terkena infeksi saluran kecing, infeksi saluran reproduksi, dan iritasi kulit.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda simak untuk menjaga kebersihan organ intim saat menstruasi.

1. Pada saat mengalami menstruasi, pakailah pembalut untuk menampung darah yang keluar dari vagina.

2. Ganti pembalutmu minimum 4-6 jam sekali. Bisa gunakan pembalut sekali pakai atau pembalut pakai ulang. Pembalut sekali pakai adalah pembalut yang tidak dapat digunakan kembali dan harus dibuang setelah digunakan.

Pembalut pakai ulang terbuat dari kain, bisa dicuci, dan dapat digunakan kembali.

3. Hindari penggunaan bahan yang bisa menyebabkan infeksi, seperti koran, dedaunan, tissue, atau kain kotor.

4. Waktu yang dianjurkan untuk mengganti pembalut bagi anak perempuan usia sekolah ialah saat mandi pagi. Saat di sekolah, setelah pulang sekolah, saat mandi sore, dan sebelum tidur. Ingat untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

5. Bersihkan area kewanitaan dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Dapat pula menggunakan sabun pembersih khusus kewanitaan atau bila memungkinkan gunakan cairan antiseptik kewanitaan.

6. Pastikan untuk mengeringkan area V sebelum kembali menggunakan pakaian dalam. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x