Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 Agustus 2018 | 15:08 WIB

Lima Makanan Membantu Turunkan Kolesterol

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 12 Maret 2018 | 19:31 WIB

Berita Terkait

Lima Makanan Membantu Turunkan Kolesterol
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kolesterol pada tingkat normal adalah zat penting bagi tubuh. Tapi, ketika konsentrasi kolesterol tinggi dalam darah, itu menjadi bahaya diam dan dapat menempatkan orang pada risiko serangan jantung.

Mengutip dari boldsky, Senin (12/03/2018), orang-orang dari segala usia dapat memiliki kolesterol tinggi dan jika tidak dikontrol, itu dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti stroke, serangan jantung dan nyeri dada. Jadi, Anda harus bisa memilih makanan yang tepat untuk dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cepat.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi.

1. Gandum

gandum adalah makanan sarapan populer bagi banyak dan dikonsumsi setiap hari akan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan serat larut tinggi yang hadir dalam oatmeal membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Serat mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam aliran darah Anda, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Jeruk

Jeruk adalah makanan super lain yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Para peneliti menemukan bahwa jus jeruk meningkatkan profil lipid darah pada orang yang memiliki kolesterol tinggi. Ini adalah karena adanya vitamin C, folat dan flavonoid di jeruk. Anda bisa minum segelas jus jeruk yang baru saja dibuat sambil sarapan.

3. Almond

Almond yang dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal jantung sehat, lemak tak jenuh ganda dan serat yang membantu untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk. Mencatat sebuah studi menemukan bahwa konsumsi almond sehari - hari akan membantu untuk mengurangi kadar kolesterol LDL 3-19 persen. Almond adalah makanan ringan yang besar dan Anda dapat menambahkannya dalam salad dan oatmeal.

4. Salmon

Salmon memiliki asam lemak omega-3 disebut EPA dan DHA yang memberikan perlindungan terhadap kolesterol tinggi. Salmon membantu untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL sedikit, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi setidaknya 2 porsi salmon setiap minggu untuk membantu menjaga jantung Anda sehat.

5. Teh hijau

Minum teh hijau setiap hari akan membantu untuk mengurangi kolesterol jahat. Minuman sehat memiliki beberapa senyawa yang mencegah penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan dan juga membantu dalam ekskresi yang. Selain itu, teh hijau memiliki manfaat kesehatan lainnya juga - seperti mencegah penumpukan plak di arteri. Minum 3 sampai 4 cangkir teh hijau sehari-hari.(tka)

Komentar

x