Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 03:44 WIB
 

Ceria di Turki Bersama Cheria Travel

Oleh : Anton Hartono | Rabu, 7 Maret 2018 | 15:54 WIB
Ceria di Turki Bersama Cheria Travel
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Istanbul - Berwisata alam di negara Turki mungkin menjadi salah satu impian setiap warga Indonesia. Selain memiliki kebudayaan yang beraneka ragam, Turki merupakan negara yang berada di antara Benua Asia dengan Eropa.

INILAH.COM berkesempatan bersama Cheria Travel menjelajahi bumi Turki yang memiliki luas 783.562 kilometer persegi (302.535 mil persegi), areal seluas 755.688 kilometer persegi (291.773 mil persegi) berada di Asia Barat Daya dan 23.764 kilometer persegi (9.175 mil persegi) di Eropa.

Salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi adalah Cappadocia. Di kota tersebut, para wisatawan akan melihat berbagai bangunan yang kebanyakan terbuat dari batu-batu kokoh. Bahkan sebagian besar bangunan di kota itu dibuat seperti lorong goa yang dipahat, dan ini sudah ada sejak zaman dahulu. Jika masuk ke dalam lorong tersebut, para wisatawan akan seperti berada di kota bawah tanah.

Tak hanya itu, Cappadocia juga terkenal dengan wisata balon udara yang akan memperlihatkan sudut-sudut kota dengan pemandangan lembah batu yang tersusun secara alami.

"Sangat takjub ketika melihat pemandangan dari atas balon udara, takjub dengan ciptaan Allah Yang Maha Sempurna. Bangga karena tidak semua orang bisa merasakan naik balon udara, walaupun sudah bayar atau booking," ujar Siti Murani (44) salah seorang rombongan tour halal Cheria Travel.

Menurut dia, untuk menaiki balon udara harus mendapat izin dari pemerintah setempat. Jika arah angin tidak memungkinkan, maka tidak diperkenankan untuk naik balon udara. "Bangganya lagi, setelah naik balon udara dapat sertifikat loh," tambahnya.

Tak puas dengan pemandangan dari udara, para wisatawan juga bisa menikmati lembah batu dengan jarak dekat menggunakan mobil jeep yang akan melintasi sejumlah lembah di Cappadocia.

Selain berwisata di lembah batu dan kota bawah tanah, wisatawan juga diantarkan ke puncak gunung es di Kota Kayseri. Dengan menaiki cable car, pengunjung akan menikmati hamparan salju serta merasakan salju abadi dan bermain ski dari atas puncak Gunung Erciyes.

Bosan bermain es, para wisatawan bisa beralih ke suasana yang lebih hangat yakni mengunjungi tempat pemandian air panas di Pamukalle Hierapolis. Dalam bahasa Turki, Pamukalle dapat diartikan sebagai Istana Kapas (Cotton Castle).

Air panas yang turun dari atas pegunungan mengalir ke bawah hingga membentuk lapisan kalsium karbonat berwarna putih. Sehingga jika tampak dari atas membentuk hamparan kapas.

Di lokasi tersebut pula terdapat sebuah kolam pemandian air panas. Konon kabarnya, kolam pemandian itu tempat berobatnya Cleopatra yang datang dari Mesir untuk menyembuhkan penyakitnya.