Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 21:26 WIB

Olahraga Jadi Daya Tarik Destinasi Wisata

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 28 Februari 2018 | 20:05 WIB

Berita Terkait

Olahraga Jadi Daya Tarik Destinasi Wisata
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Olahraga saat ini sangat gencar menjadi bagian dari promosi pariwisata. Ini juga menjadi salah satu senjata untuk dijadikan destinasi wisata.

Pengajar program studi event management di Universitas Prasetiya Mulya, Irman Jayawardhana, berpendapat, olahraga sebagai industri bisa untuk memperkenalkan destinasi wisata. Selain itu, juga dapat menjadi daya tarik untuk pertunjukan olahraga itu sendiri.

"Kita lihat saat ini masih menjadikan olahraga sebagai media, contohnya Tour de Singkarak atau Jakarta Marathon. Itu bukan olahraga budaya, tapi umum, tapi digunakan untuk memperkenalkan destinasi wisata. Padahal, kita punya olahraga - olahraga dari budaya lokal yang bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri, seperti Lompat Batu Nias, Karapan Sapi di Banyuwangi", ujar Irman seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu (28/02/2018).

Acara - acara budaya bisa menjadi penggerak bisnis dan ekonomi daerah terkait. Karena itu, olahraga budaya sangat penting dan bagus untuk menjadi daya tarik para wisatawan nusantara bahkan wisatawan mancanegara.

"Padahal sebenarnya banyak acara budaya, seperti di Prambadan atau kegiatan olahraga komunitas di Bandung," tambahnya.

Manajer Program Studi S1 Event Universitas Prasetiya Mulya Peni Zulandari menambahkan, kegiatan yang sudah menjadi budaya justru seharusnya dikembangkan menjadi event yang bagus dan bernilai ekonomi tinggi.

"Yang sudah menjadi budaya justru dilakukan rutin, tidak akan punah karena dijaga adat. Jadi itu justru yang harus dikembangkan untuk dapat menarik sebanyak-banyaknya wisatawan. Seperti Perang di Sumba atau Karapan Sapi di Jawa Timur, dan Sendra Tari Ramayana-Sinta di Prambanan itu", papar Peni.

Eventnesia merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Program Studi S1 Event Universitas Prasetiya Mulya, bertujuan mewadahi para pemangku kepentingan di industri pariwisata dalam membangun, mengembangkan dan memajukan dunia pariwisata.(tka)

Komentar

Embed Widget
x