Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 08:56 WIB

Ini Dampak Salah Pilih Wadah Makan untuk Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 22 Februari 2018 | 13:30 WIB

Berita Terkait

Ini Dampak Salah Pilih Wadah Makan untuk Anak
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Perkembangan anak harus diperhatikan. Untuk itu, para orangtua harus memperhatikan setiap hal yang berkaitan dengan kebutuhan anak salah satunya adalah memilih wadah untuk makan.

Menurut Irma Gustiana Andriani, pakar psikologi anak menjelaskan, hal yang perlu dikhawatirkan saat memilih wadah yang kurang aman adalah akan menimbulkan residu. Ini adalah semacam racun yang bisa berkembang dan akan berbahaya bagi pertumbuhan anak.

"Residu itu muncul dari mana saja. Baik dari luar atau dari wadah itu sendiri. Ada beberapa anak yang memiliki indikasi gangguan tumbuh diakibatkan adanya residu di dalam tumbuhnya," papar Irma Gustiana saat ditemui di acara Thermos, Jakarta, Kamis (22/02/2018).

Saat anak - anak terpapar racun dan tidak aman, hal ini akan berpengaruh pada keseluruhan tumbuh kembang anak. Mulai dari pertumbuhan tinggi badan, gangguan pencernaan, dan gangguan belajar.

"Daya konsentrasinya menurun, kemampuan belajarnya juga akan menurun. Ini adalah akibat dari gangguan karena memilih wadah makanan yang kurang tepat," tambahnya.

Masih menurutnya, akumulasi residu yang bertahun - tahun akan berdampak lebih parah.

Menggunakan wadah vakum insulasi stainless steel untuk menyimpan air ataupun makanan merupakan pilihan yang tepat agar terhindar dari zat kimia berbahaya. Seperti diketahui saat ini banyak beredar wadah plastik untuk menyimpan minuman dan juga makanan.

Plastik terdiri atas berbagai bahan kimia yang dalam kondisi tertentu, kontak antara plastik dan makanan bisa menyebabkan migrasi atau perpindahan bahan - bahan kimia dari wadah ke makanan.

Migrasi tersebut terjadi akibat pengaruh suhu panas makanan, penyimpan, atau proses pengolahannya. Semakin tinggi suhu maka semakin tinggi kemungkinan terjadi migrasi.

Lamanya waktu penyimpanan makanan juga berpengaruh terhadap perpindahan materi berbahan kimia ini. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi perkembangan anak.

"Vakum stainless steel, materi stainless steel tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti BPA yang terkandung dalam plastik, stainless steel adalah materi yang ramah lingkungan tidak seperti yang membutuhkan ratusan tahun untuk diurai," ungkap Andriani Melisa, Marketing Manager PT. Thermos Indonesia.

Kali ini, Thermos memperkenalkan Disney Straw Bottle terbaru yang didesain untuk menyimpan air dengan menggunakan materi stainless stell pada dinding dalam dan luar, anti bocor, anti slip, dan dilapisi oleh polypropylene. Ini untuk anti gores yang menjadikan produk tersebut sangat aman dan menarik untuk digunakan sebagai teman beraktivitas anak - anak. (tka)

Komentar

Embed Widget
x