Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 21:28 WIB

Hindari Tujuh Makanan Sumber Kolesterol Tinggi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 20 Februari 2018 | 08:45 WIB

Berita Terkait

Hindari Tujuh Makanan Sumber Kolesterol Tinggi
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Kolesterol adalah zat yang ditemukan dalam sel-sel lemak darah. Tubuh membutuhkan kolesterol baik untuk mempertahankan dan membangun jaringan sehat.

Mengutip dari boldsky, Selasa (20/02/2018), ketika tubuh mulai mendapat kolesterol jahat dalam darah dalam jumlah yang tinggi, dapat berubah menjadi lemak yang dapat menghambat aliran darah dan mempercepat risiko penyakit jantung.

Kolesterol yang tinggi dalam darah ini sebagian besar disebabkan oleh pilihan makanan yang tidak baik dan gaya hidup yang buruk. Para ahli kesehatan menyarankan bahwa seseorang tidak harus mengkonsumsi lebih dari 300 gram kolesterol setiap hari. Kolesterol baik (HDL) dalam tubuh yang dihasilkan ketika Anda berada pada diet seimbang yang tepat.

Faktor-faktor risiko untuk kolesterol tinggi dapat menyebabkan hipertensi, diabetes, masalah ginjal, penyakit kardiovaskular, stroke, serangan jantung dan aterosklerosis. Berikut adalah daftar kolesterol tinggi yang dapat membantu mengurangi kemungkinan kolesterol tinggi.

1. Kerang, seperti lobster dan udang, harus dihindari, karena mengandung sejumlah besar kolesterol. Kebanyakan dimasak dalam mentega untuk meningkatkan rasa, yang tidak baik bagi orang-orang yang menderita dengan penyakit jantung.

2. Mentega dan Hindari Ghee memakan mentega olahan, seperti penuh dengan lemak trans dan natrium yang meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

3. Daging merah. Daging merah dikemas dengan lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Sebaliknya, memilih dada ayam atau ikan yang rendah kolesterol. Juga, Hindari daging beku dan daging olahan seperti sosis, potongan daging dingin dan daging yang akan meningkatkan kolesterol Anda.

4. Makanan cepat saji. Makanan cepat saji seperti pizza, keju, biskuit, burger, dan chip yang dikemas dengan kolesterol. Makanan ini mengandung lemak trans yang akan meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

Kue, kentang goreng berisi minyak sayur hidrogenasi, yang buruk bagi kesehatan Anda.

5. Keju. Keju adalah sumber yang sangat baik kalsium dan sumber protein yang vegetarian. Keju memiliki jumlah kolesterol yang tinggi. 100 gram keju mengandung 123 miligram kolesterol. Jika Anda seorang pencinta keju, Anda dapat mengkonsumsi dalam jumlah yang moderat.

6. Es krim. Es krim adalah makanan penutup paling dicintai untuk orang-orang dari semua kelompok umur tetapi tidak untuk orang-orang dengan kolesterol tinggi.

Es krim yang terbuat dari minyak nabati hidrogenasi dan penuh lemak susu, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda, jika Anda konsumsi lebih sering.

7. Daging hati sapi. Daging hati mengandung 564 miligram kolesterol dalam 100 gram melayani. Hati sapi memiliki kolesterol tinggi dengan 331 miligram.

Jadi, mengurangi asupan hati sapi, karena dapat meningkatkan tingkat kolesterol jahat dalam darah Anda. (tka)

Komentar

Embed Widget
x