Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 22:43 WIB

Empat Cara Atasi Pelampiasan Makan Ketika Emosi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 19 Februari 2018 | 18:10 WIB

Berita Terkait

Empat Cara Atasi Pelampiasan Makan Ketika Emosi
(Foto: boldsky)

INILAHCOM, Jakarta - Terkadang emosional mempengaruhi konsumsi makan Anda. Lantas bagaimana cara menghentikannya?

Mengutip dari boldsky, Senin (19/02/2018), yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan kembali kendali atas makanan dan respons emosional Anda. Jika tidak ditanggapi dengan serius, itu bisa sangat serius menyebabkan siklus penambahan berat badan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghentikan makan emosional.

1. Dengarkan Emosi Anda dan Jangan Abaikan Diri Anda

Emosional makan terjadi ketika seseorang lebih suka menggunakan makanan sebagai upaya untuk mengatasi pikiran negatif. Ketika Anda mulai menganggap bahwa makan berlebih memiliki efek yang meringankan dan membantu Anda melepaskan diri dari ketidaknyamanan dan menarik perhatian Anda dari perasaan negatif yang tidak diinginkan, hal itu memang membahayakannya.

Emosional makan bisa menjadi gejala kesehatan, profesional menyebut hal ini dengan depresi . Jadi bagaimana kita mengakhiri pola ini? Bila emosi Anda kacau, katakan pada diri Anda bahwa Anda merasa baik-baik saja bahkan saat Anda merasa sedih, lelah atau marah, apa pun yang Anda inginkan untuk menamainya.

Pertimbangkan perasaan negatif Anda dengan kebaikan dan cobalah mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka inginkan dari Anda. Bila Anda mengalami perasaan kecewa dan dendam yang mendalam dalam episode emosional makan Anda, cobalah mendekati perasaan Anda dengan tenang dan baik hati.

Ketika Anda mencoba mendengarkan emosi Anda, Anda akan cenderung menemukan apa yang benar-benar Anda inginkan. Cobalah untuk meningkatkan kapasitas untuk menoleransi pikiran negatif yang tidak diinginkan. Cobalah mendengarkan emosi Anda dan kemudian mencoba menciptakan strategi baru untuk kepuasan yang lebih dalam dalam hidup Anda.

Carilah cara untuk membawa kebahagiaan dalam hidup Anda apakah itu dengan bermain golf, berenang, membaca, menari atau bepergian.

2. Perhatikan Perhatian

Orang yang tidak aman akan selalu berusaha untuk mengabaikan pujian atau lebih memilih untuk mengabaikannya. Selama seminggu, cobalah tuliskan pujian yang Anda temui seperti karya bagus, terimakasih atas saran Anda dan sangat membantu, Anda terlihat baik.

Ketika Anda mulai menerima potongan-potongan yang baik dan terlebih lagi ketika Anda menuliskannya, itu bisa membuat Anda merasa lebih positif sebagai pribadi.

3. Tenangkan Diri Anda

Ada banyak cara untuk menenangkan saraf mentah Anda tanpa mengemil seperti menjurnal atau berhubungan dengan orang lain atau melalui teknik meditasi. Beberapa orang takut latihan pernapasan, karena mereka takut akan memakan waktu lama.

Anda bisa memilih latihan yang bisa menyamai mood Anda. Nafas bekerja lebih bersih dengan baik untuk pemakan emosi yang perlu menghilangkan kekhawatiran negatif.

Pertama, duduk atau berdiri dengan nyaman. Usahakan menghirup perlahan melalui hidung.

Pastikan menahan napas selama beberapa detik. Buang napas berikutnya. Buang seluruh napas keluar dalam sedikit menyembur udara.

Dengan setiap embusan keluar, cobalah untuk memvisualisasikan bahwa Anda meniup kekhawatiran dan pikiran beracun. Anggap bahwa pikiran negatif dan kekhawatiran Anda jatuh ke lantai.

4. Lepaskan Ketegangan Melalui Aktivitas

Makan tanpa berpikir bisa membuat Anda terhindar dari stres sehari-hari, tapi itu tidak bisa menghilangkan perasaan negatif Anda seperti kesedihan, kemarahan, atau kesepian. Cobalah aktivitas yang bisa mengisi kebutuhan emosional dan hentikan keinginan.

Butuh kenyamanan? Lalu pergi ke taman atau tempat sepi. Bila Anda berbicara tentang ruang sepi, maka kamar kecil bisa menjadi pilihan terbaik. Anda bisa mandi lilin beraroma herbal. Jika Anda masih merasa bosan atau lesu, maka pergilah joging atau power walk atau dengarkan musik yang optimis. (tka)

Komentar

Embed Widget
x