Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Februari 2018 | 15:32 WIB
 

Stimulasi Sensorik Anak dengan Mainan Bermutu

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 15 Februari 2018 | 20:11 WIB
Stimulasi Sensorik Anak dengan Mainan Bermutu
Bayu Wijanarko, selaku ELC Toys - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Memasuki usia anak sebelum sekolah, beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orangtua. Salah satunya adalah cara menstimulasi sensorik anak.

Kemampuan sensorik pada anak harus diasah sejak dini. Sebagai spesialis pada mainan edukatif, Earning Learning Centre (ELC) mempersembahkan seri mainan baru bertajuk little senses.

"ELC menyadari bahwa kemampuan sensorik anak bisa dilatih semenjak dini melalui beragam kegiatan, salah satunya adalah dengan bermain," ujar Bayu Wijanarko, selaku ELC Toys saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (15/02/2018).

Masih menurutnya, mainan tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga dapat membantu anak untuk mengeksplorasi bakat dan minat anak sekaligus mengembangkan berbagai kemampuan penting seperti motorik, sensorik, kreatifitas, serta kemampuan sosial emosional.

"Seri mainan little sense terdiri dari sensory high chair toy, sensory activity table, sensory stacking rings, dan sensory shape sorter. Sebagai contoh, sensory activity table dilengkapi dengan lampu berwarna berkelap kelip dan suara menarik yang merangsang keingintahuan anak untuk mencoba berbagai variasi memasukkan bola, memijat, menarik, mencari bola yang dimasukkan," tambahnya.

Ini memberikan variasi cara bermain yang dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan anak mengenai konsep sebab akibat. Kemudian, juga mengasah daya ingat dan konsentrasi anak.

Selain itu, terdapat pula sensory stacking rings berbentuk diameter ring yang bervariasi dari kecil hingga besar akan meningkatkan kemampuan anak mengenai konsep besar kecil permainan diselesaikan dengan memasang kepaka di atas rjng terakhir sehingga anak dapat belajar bermain secara utuh dan lengkap dari awal hingga akhir. Pada mainan tersebut anak mengenal problem solving.

Aspek perkembangan anak yang dapat dicapai dari mainan tersebut yakni pada penglihatan, fokus mata, koordinasi mata dan tangan, pengenalan warna atau bentuk mainan, pendengaran, mengenal suara, nada, nama benda, tekstur, warna, perabaan, mengenal berbagai bentuk, alur ring beserta tonjolan - tonjolan.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x