Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 12:18 WIB

Tips Menjaga Otak Agar Tidak cepat Lupa

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 8 Februari 2018 | 21:15 WIB

Berita Terkait

Tips Menjaga Otak Agar Tidak cepat Lupa
(Foto: boldsky)

INILAHCOM, Jakarta - Banyak orang di atas usia 70 tahun biasanya memiliki masalah dengan memori dan fungsi otak lainnya.

Meski tidak semua orangtua memperjuangkan masalah ingatan, hal itu memang banyak terjadi, lebih sering daripada tidak.

Mengutip dari boldsky, Kamis (08/02/2018), fungsi otak pada banyak orang lanjut usia mulai memburuk karena sel-sel otak mulai merosot saat kita bertambah tua. Jika kita mempertahankan gaya hidup sehat, maka proses degeneratif otak melambat dan fungsi otak kita tetap aktif untuk waktu yang lebih lama.

Jadi, jika Anda ingin otak Anda tetap awet muda dan aktif, meski seiring bertambahnya usia, ikuti tip berikut ini.

1. Kembangkan Hobi

Mendapatkan hobi yang Anda cintai, yang kreatif, seperti melukis, menyanyi, menari, dll, dapat membantu menjaga sel otak Anda tetap aktif untuk waktu yang lebih lama, adalah studi penelitian.

Bila kita memiliki hobi, kita bekerja keras untuk mengembangkan keterampilan kita di bidang tertentu dan proses ini dapat membuat otak kita tetap aktif dan lebih tajam untuk waktu yang lama. Jadi, memiliki hobi adalah cara yang menyenangkan agar sel otak tetap sehat.

2. Lakukan Latihan Otak

Sekarang, kita tahu bahwa latihan fisik seperti pergi ke gym, berlari, dll, bisa membuat kita bugar dan sehat. Begitu pula ada latihan tertentu untuk otak, yang bisa membantu menjaga otak tetap aktif dan tajam, bahkan seiring bertambahnya usia.

Memecahkan teka-teki, bermain sudoku, permainan memori, teka-teki silang, catur dan kegiatan merangsang otak lainnya secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi sel otak.

3. Makan Sehat

Sebagian besar dari kita sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang setiap hari adalah salah satu kebiasaan yang paling penting untuk diikuti, jika Anda ingin tetap sehat pada umumnya.

Diet sehat bisa mencegah dan mengobati sejumlah penyakit. Jadi, bahkan ketika sampai ke otak, mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat dapat menjaga sel otak tetap terjaga dengan baik dan aktif untuk waktu yang lama.

4. Perbanyak konsumsi asam lemak omega 3

Sama seperti bagaimana sisa tubuh kita membutuhkan berbagai nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, otak juga membutuhkan nutrisi, khususnya, asam lemak omega-3 agar tetap sehat dan aktif untuk waktu yang lebih lama. Mengkonsumsi makanan seperti ikan, ghee, kelapa, alpukat, dll., yang merupakan sumber alami asam lemak omega-3, adalah cara ideal untuk menjaga kesehatan otak Anda untuk waktu yang lama.

5. Hindari Kelebihan Multitasking

Biasanya, multitasking dianggap sebagai keterampilan hebat yang membuktikan kekuatan otak Anda. Namun, banyak penelitian telah membuktikan bahwa, mengambil pekerjaan atau pekerjaan yang mengharuskan Anda melakukan multitask dan fokus pada hal yang berbeda sekaligus, secara teratur, dapat melemahkan lobus frontal otak.

Bila lobus frontal otak terpengaruh, hal itu dapat menyebabkan degenerasi sel otak prematur, sehingga kurang aktif seiring bertambahnya usia.

6. Jadilah Lebih Sosial

Banyak dari kita suka bersosialisasi dengan teman dan orang yang kita cintai secara teratur. Namun, ada orang lain yang suka menghabiskan waktu sendiri dan menghindari sosialisasi secara teratur.

Jika Anda termasuk dalam kategori orang yang terakhir, maka inilah saatnya Anda mulai bersosialisasi lebih banyak karena pergi keluar, mengalami pengalaman baru, tertawa dan berbicara dengan orang lain, dan sebagainya, dapat membantu menjaga sel otak Anda tetap aktif untuk waktu yang lebih lama.

7. Manjakan Dalam Pekerjaan Rumah Tangga

Biasanya, belakangan ini, banyak orang yang memiliki jadwal sibuk mempekerjakan pembantu rumah tangga dan juru masak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga untuk mereka.

Namun, penelitian telah membuktikan bahwa terlibat dalam pekerjaan rumah tangga biasa, seperti mencuci piring, memasak, membersihkan, dll, juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga agar sel otak Anda tetap muda dan aktif untuk waktu yang lama.

8. Turunkan Kolesterol Anda

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, kadar kolesterol tinggi di tubuh dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan, termasuk penyakit utama seperti penyakit jantung, yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung. Namun, kita mungkin belum mengetahui fakta bahwa kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan degenerasi sel otak prematur. Jadi, pertahankan tingkat kolesterol yang sehat agar otak tetap sehat dan aktif, meski seiring bertambahnya usia.

9. Jauhi Keburukan

Banyak orang menyukai kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol secara teratur, dan mungkin mereka sudah mengetahui dampak buruk dari sifat buruk ini terhadap kesehatan mereka. Namun, kebiasaan ini bisa jadi sulit untuk menyerah.

Faktanya adalah, seiring dengan banyak penyakit lainnya, merokok dan minum secara teratur juga dapat menyebabkan degenerasi awal sel otak dan bahkan dapat menyebabkan penyakit seperti Alzheimer.(tka)

Komentar

Embed Widget
x