Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 Februari 2018 | 16:18 WIB
 

Kuliner Jadi Penopang Industri Kreatif

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 7 Februari 2018 | 10:45 WIB
Kuliner Jadi Penopang Industri Kreatif
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kuliner menjadi salah satu penopang industri kreatif di Indonesia. Mengapa?

Menurut Abdur Rohim Boy Berawi, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan, menjelaskan industri kuliner saat ini sedang menjadi primadona. BEKRAF RI mendata bahwa subsektor kuliner terbukti berkontribusi sebesar 41,6996 dari total kontribusi perekonomian kreatif.

Hal ini tidak terlepas dari peranan para wirausaha kuliner yang berdedikasi tinggi dalam memperkenalkan dan mempopulerkan hidangan kebanggaan mereka, termasuk hidangan Nusantara. Kondisi yang kondusif ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memaksimalkan proses regenerasi warisan kuliner Nusantara.

"Kalau bicara kuliner kita melihat bahwa kuliner menjadi penopang di industri kreatif. Ini PDB (pendapatan domestik bruto) sektor industri ekonomi kreatif 922 triliun 2017. Sekitar 41,44 persen disumbang oleh kuliner. Kemudian, 8,2 juta pelaku usaha seluruh bidang, ada total unit usaha 68 persen bergerak di industri kuliner. Karena itu industri kuliner memiliki potensi untuk pengembangan di dunia ekonomi kreatif," papar Abdur Rohim Boy Berawi saat ditemui di acara Bango Penerus Warisan Kuliner, Jakarta, Selasa (06/02/2018).

Masih menurutnya, Bagaimana untuk mengembangkan industri kuliner?

"Banyak aspek untuk industri ini. Banyak hal yang bisa yang dikembangkan. Mulai dari sumber daya manusianya. Regenerasi yang terus berjalan. Untuk memajukan sektor industri kuliner harus banyak kerjasama dari seluruh jajaran terkait," tambahnya.

Salah satu yang sedang dimajukan ke dunia internasional adalah soto. Lewat beberapa ajang international, soto menjadi salah satu menu andalan yang diperkenalkan di dunia internasional.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x