Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 17:00 WIB
 

Vitamin D3 Bisa Pulihkan Kerusakan Kardiovaskular?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 6 Februari 2018 | 12:45 WIB
Vitamin D3 Bisa Pulihkan Kerusakan Kardiovaskular?
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Apakah Anda menderita penyakit jantung? Sebuah studi menemukan, pengobatan dengan Vitamin D3 mungkin membantu memulihkan kerusakan sistem kardiovaskular.

Mengutip dari zeenews, Selasa (06/02/2018), vitamin D3 diproduksi secara alami ketika kulit terkena sinar matahari. Beberapa penyakit, termasuk tekanan darah tinggi, penumpukan lemak, kolesterol dalam dan pada dinding arteri, dan diabetes, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Namun, mengambil Vitamin D3, terkait dengan tulang, pada dosis yang lebih tinggi daripada yang saat ini digunakan untuk pengobatan penyakit tulang mungkin sangat bermanfaat untuk pengobatan kardiovaskular sistem disfungsional.

"Umumnya, Vitamin D3 dikaitkan dengan tulang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, dalam pengaturan klinis, orang mengakui bahwa banyak pasien yang terkena serangan jantung akan memiliki kekurangan D3. Ini tidak berarti bahwa kekurangan disebabkan serangan jantung, tetapi meningkatkan risiko serangan jantung", kata Tadeusz Malinski, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Ohio.

Tim, dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal internasional Nanomedicine, menggunakan nanosensors, yang sekitar 1.000 kali lebih kecil daripada rambut manusia, untuk melacak dampak Vitamin D3 pada sel-sel endotel yang tunggal, komponen regulasi vital sistem kardiovaskular.

Disfungsi endotel adalah sebuah common denominator beberapa penyakit kardiovaskular, terutama yang berkaitan dengan peristiwa iskemik.

"Ada tidak banyak, jika ada, dikenal sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan sel-sel endotel kardiovaskular yang sudah rusak, dan Vitamin D3 dapat melakukannya," tambah Malinski.

"Ini adalah solusi yang sangat murah untuk memperbaiki sistem kardiovaskular. Kita tidak perlu mengembangkan obat baru. Kita sudah memiliki," ujarnya.

Vitamin D3 juga mungkin klinis penting dalam pemulihan disfungsi endotel jantung setelah serangan jantung, kapiler endotel setelah iskemia otak (stroke), hypovolemia, vasculopathy, diabetes dan aterosklerosis.(tka)

Komentar

Embed Widget

x