Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 13:36 WIB

Kolesterol Tinggi, Tujuh Hal yang Harus Dihindari

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Minggu, 4 Februari 2018 | 00:30 WIB
Kolesterol Tinggi, Tujuh Hal yang Harus Dihindari
(Foto: boldsky)

INILAHCOM, Jakarta - Kolesterol tinggi adalah penyakit yang timbul dari gaya hidup yang sangat umum terjadi belakangan ini.

Mengutip dari boldsky, Minggu (04/02/2018), kolesterol tinggi dapat menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung fatal, obesitas, dan penyakit lainnya.

Kolesterol tinggi dapat disimpan di bawah kendali dengan perubahan gaya hidup seperti mengikuti rutinitas sehat untuk diet dengan memilih makanan yang baik, dan olahraga.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang tidak sehat yang Anda harus menghindari, jika Anda memiliki kolesterol tinggi.

1. Hindari makanan berlemak. Sebagian besar dari kita orang awam berpikir bahwa semua lemak sehat dan bisa membuat kita bertambah gemuk atau meningkatkan kadar kolesterol. Namun, kita tidak menyadari bahwa tubuh membutuhkan lemak sehat untuk berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

Tidak semua lemak tidak sehat. Sebagai contoh, lemak dalam pizza dan burger tidak sehat, tapi lemak dalam alpukat, ghee dan kelapa sehat. Jadi, menambahkan lemak sehat untuk diet Anda juga dapat mengurangi kolesterol tinggi.

2. Makan jenis daging yang salah jika Anda adalah pemakan daging, yang mengkonsumsi hidangan daging hampir setiap hari dan Anda telah didiagnosa dengan kolesterol tinggi, Anda harus segera membuat perubahan tertentu dalam diet Anda.

Mengkonsumsi daging sapi, daging babi, dll, lebih lanjut dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda dan menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih. Anda dapat pergi untuk daging seperti ayam dan juga makanan laut, yang merupakan pilihan sehat sebaliknya.

3. Rendah kalsium. Diet kalsium adalah mineral yang sangat penting, yang diperlukan untuk tubuh kita untuk tetap sehat dan kuat, khususnya di bidang pengembangan sel otak dan tulang.

Selain itu, banyak studi penelitian telah membuktikan bahwa kalsium juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Jadi, jika Anda tidak mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti produk susu, bayam, telur, dll, Anda bisa memperburuk masalah kolesterol tinggi Anda.

4. Memakan roti. Makanan paling kita cinta makanan seperti kue, roti putih, dll. Produk ini adalah produk roti yang populer, yang dibuat dari menggunakan jumlah tinggi ragi, gula dan bahan olahan lainnya.

Sekarang, bahan-bahan ini dapat sangat berbahaya untuk kesehatan Anda, terutama jika Anda sudah menderita dari tingkat kolesterol tinggi! Pabrik roti makanan dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda, bersama dengan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

5. Mengkonsumsi rendah serat. Diet sebagai kita tahu, bersama dengan nutrisi penting seperti protein, lemak sehat, mineral, dll, serat ini juga sangat penting untuk ditambahkan ke diet Anda untuk tetap sehat.

Serat sangat membantu bagi orang-orang dengan kolesterol tinggi, karena mereka dapat menghapus pembentukan plak di arteri, yang disebabkan oleh kondisi ini.

Jadi, menambahkan makanan kaya serat untuk diet Anda seperti kecambah, buah, daun hijau, dll, dapat membantu.

6. Konsumsi alkohol. Kita mungkin sudah tahu bahwa mengkonsumsi alkohol berlebih secara teratur dapat menjadi sangat buruk bagi kesehatan. Bersama dengan masalah psikologis, dapat menyebabkan masalah fisiologis yang berbahaya, termasuk kanker. Sekarang, alkohol kaya lemak sehat, sehingga secara drastis dapat memperburuk gejala kolesterol tinggi, bahkan jika Anda mengkonsumsi itu kadang-kadang.

7. Tidak olahraga. Jadi, jika Anda ingin untuk menjaga kadar kolesterol di bawah kontrol, Anda harus olahraga untuk mengurangi berat badan dan kadar lemak tubuh, dengan tetap berpegang dengan ketat diet dan olahraga, setelah mencari bantuan dari profesional. (tka)

Komentar

x