Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 April 2018 | 23:15 WIB
 

Tren Penderita Diabetes Meningkat di Indonesia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 2 Februari 2018 | 21:00 WIB
Tren Penderita Diabetes Meningkat di Indonesia
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta- Jumlah penderita diabetes di Indonesia terus menunjukan tren peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini sangat memprihatinkan.

"untuk itu pola hidup sehat diharapkan mulai menjadi fokus perhatian masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari," ujar drg. Dyah Erti Mustikawati, MPH, Kepala Subdirektorat Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolisme, saat ditemui di acara Kalbe, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, masyarakat Indonesia harus bisa mengendalikan penyakit diabetes sedini mungkin, dengan mejalankan gaya hidup sehat, diantaranya rutin mengkonsumsi banyak sayur dan buah, membiasakan olah raga dan tidak merokok. Hal itu yang merupakan kebiasaan baik dalam pencegahan Diabetes Melitus.

"Untuk mengurangi risiko penyakit diabetes, diperlukan adanya keseimbangan antara nutrisi makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

"Kunci dari pencegahan dan penanganan penyakit diabetes tipe 2 adalah dengan menggunakan bahan pangan dengan indeks glikemik rendah karena mengurangi kecepatan naiknya gula darah, sehingga memberikan waktu pada sel tubuh untuk memprosesnya," ujar dr. Cindy Sp.GK, Ahli Gizi Klinis.

Dalam kampanye beberapa waktu lalu dengan tema "Anda Berharga - Anda Berhak Merasa Bahagia", H2 Health and Happiness mengajak wanita Indonesia yang berperan penting dalam kesehatan keluarga dan terkadang memiliki peran ganda di kehidupan pribadi maupun pekerjaan untuk tetap memperhatikan kesehatan diri selain keluarga. Sejalan dengan kampanye tersebut, para wanita Indonesia dapat menggunakan H2 Tepung Kelapa untuk memenuhi asupan gizi keluarga tanpa timbul kekhawatiran akan risiko penyakit diabetes.

Dengan produk ini, H2 Health and Happiness mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih memperhatikan gaya hidup dirinya sendiri dan anggota keluarganya, karena gaya hidup memiliki peran utama dalam menentukan taraf kesehatan masing-masing individu.

Perlu diketahui, kesehatan individu tidak hanya bergantung pada asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi, tapi juga gaya hidup secara keseluruhan. Hal ini terwujud dari konsep FENUS (Food, Exercise, Nutraceuticals, dan Stress Reduction) dari H2 Health and Happiness yang memperhatikan makanan, olah raga, suplementasi, dan manajemen stress untuk mendapatkan kesehatan dan kebahagiaan secara menyeluruh.

Sekilas tentang H2 Tepung Kelapa H2 (Ha Dua) Health & Happiness merupakan brand dari PT Kalbe Farma Tbk yang menawarkan solusi lengkap untuk untuk hidup sehat dan bahagia melalui produk-produk suplemen, skin care, dan pangan yang berbahan dasar alami.

Salah satu produk pangan persembahan dari H2 Health & Happiness adalah H2 Tepung Kelapa. Terbuat dari kelapa yang tumbuh di perkebunan kelapa terbesar di Indonesia, Riau, daging kelapa yang segar dan matang dikupas dan dibuang kulitnya, kemudian dicuci, digiling, di-blanch, dikeringkan, dan diayak. Lalu dikemas secara higienis.

Tepung kelapa sendiri memiliki kandungan serat pangan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan lemak jenuh dalam bentuk trigliserida rantai menengah juga dapat menjadi salah satu alternatif sumber energi cepat bagi tubuh.

Selain itu, tepung kelapa dikenal sebagai bahan pangan dengan indeks glikemik yang rendah. Hal ini menjadikan tepung kelapa sebagai salah satu alternatif nutrisi bagi orang-orang yang ingin mencegah risiko terkena penyakit diabetes maupun penderitanya, karena pangan dengan indeks glikemik yang rendah tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi produk yang mengandung tepung kelapa dapat membantu menurunkan dampak glikemik makanan secara keseluruhan. Seperti halnya mencapur nasi putih dengan H2 Tepung Kelapa, dimana hasilnya menunjukan penurunan indeks glikemik sebesar 45 persen. Beragam manfaat dapat diperoleh dengan mengonsumsi tepung kelapa.

Adapun kandungan nutrisi pada H2 Tepung Kelapa di antaranya: serat pangan, protein, lemak jenuh trigliserida rantai menengah, zat besi, kalium, natrium, kalsium, 0 mg kolesterol, dan 0 g gula.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x