Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Februari 2018 | 03:23 WIB
 

Ini Alarm Tubuh Ketika Kurang Cairan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 1 Februari 2018 | 22:10 WIB
Ini Alarm Tubuh Ketika Kurang Cairan
(Foto: boldsky)

INILAHCOM, Jakarta - Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Lantas apa yang terjadi jika tubuh kurang asupan air?

Mengutip dari boldsky, Kamis (01/02/2018), konsumsi air setiap hari sangat penting. Jika konsumsi air mineral tidak memenuhi kebutuhan tubuh, maka tubuh akan menimbulkan penyakit.

Bila kita tidak mengkonsumsi cukup air, sadar atau tidak sadar, bisa menurunkan tingkat air optimal tubuh kita dan menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai dehidrasi. Sebagian besar dari kita mungkin merasa bahwa dehidrasi adalah masalah kesehatan sederhana, yang bisa segera diatasi, setelah minum cukup air. Namun, dehidrasi, dehidrasi kronis tertentu, dapat menyebabkan sejumlah kondisi serius dan fatal, termasuk serangan jantung, stroke dan kematian.

Jadi, berikut adalah beberapa tanda dan gejala mengejutkan yang menunjukkan bahwa Anda mengalami dehidrasi.

1. Nafas Buruk

Pernahkah Anda ditawari mint oleh teman dan rekan kerja Anda lebih sering?

Jika ya, Anda mengikuti kebersihan mulut yang baik, maka bau mulut Anda bisa menjadi tanda dehidrasi yang mengejutkan.

Bila tubuh Anda mengalami dehidrasi, itu tidak menghasilkan cukup air liur di mulut dan mulut menjadi kering. Kekeringan di mulut bisa menyebabkan bau mulut, meski Anda mengikuti kebersihan mulut yang sangat baik.

2. Kulit Kering

Jika Anda telah memperhatikan bahwa kulit Anda menjadi lebih kering, lebih kasar dan lebih rapuh baru-baru ini, terlepas dari cuaca dan meskipun Anda mengikuti rutinitas perawatan kulit yang tepat, maka itu bisa jadi karena dehidrasi.

Bila tubuh mengalami dehidrasi, tingkat PH kulit berkurang dan ini menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya, membuat kulit kering. Jika dehidrasi tidak diobati, bisa mengakibatkan kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim.

3.Muscle Pain

Banyak orang mengalami nyeri otot. Biasanya, nyeri otot disebabkan oleh luka-luka, nyeri setelah aktivitas fisik, penyakit tertentu seperti artritis, obesitas, diabetes, dll. Namun, jika Anda memperhatikan bahwa Anda mengalami nyeri otot, nyeri dan kram, meskipun Anda tidak memiliki masalah kesehatan lainnya, maka Bisa jadi karena dehidrasi. Bila jaringan otot tidak mendapatkan cukup air, mereka menjadi kering dan kaku - menyebabkan nyeri otot dan kram.

4. Mendambakan Gula

Jika pada umumnya Anda bukan yang sangat menginginkan makanan manis dan gula, namun tiba-tiba Anda menyadari bahwa Anda sudah mulai menginginkan gula, bisa jadi karena Anda sangat mengalami dehidrasi.

Bila Anda mengalami dehidrasi, menjadi sangat sulit bagi tubuh untuk menghancurkan glikogen dalam makanan dan melepaskan glukosa.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang paling umum dialami kebanyakan orang, karena sejumlah alasan berbeda. Misalnya sakit kepala bisa disebabkan oleh kekurangan makanan, istirahat, flu, migrain, stres, dll.

Dehidrasi bisa menjadi alasan sakit kepala. Bila Anda mengalami dehidrasi, sirkulasi darah beroksigen ke daerah kepala menjadi rendah, menyebabkan sakit kepala.

6. Urine Gelap

Biasanya, kita tidak pernah memperhatikan urin kita setiap hari, kecuali jika kita memiliki masalah yang jelas, bukan?

Namun, warna urin kita bisa banyak bercerita tentang kesehatan kita dan oleh karenanya bisa bermanfaat untuk memeriksanya secara teratur. Jika Anda memperhatikan bahwa urin Anda sangat gelap warnanya dan keruh, bisa jadi karena dehidrasi, karena urine menjadi sangat terkonsentrasi, bila tidak banyak air dalam tubuh.

7. Mood Swings

Biasanya, orang mengasosiasikan perubahan suasana hati dengan masalah kesehatan seperti depresi, stres, dll. Atau bisa juga karena kehamilan atau sindrom pramenstruasi. Namun, banyak penelitian telah membuktikan bahwa bahkan dehidrasi kronis dapat memicu perubahan mood pada orang, karena dehidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

8. Kulit Keras

Jika Anda memperhatikan bahwa kulit Anda terasa kendur dan kendor, akhir-akhir ini, meski Anda tidak berada di usia di mana kulit kendor dianggap normal, maka bisa jadi karena dehidrasi kronis. Bila jaringan kulit tidak terhidrasi dengan baik, mereka kehilangan elastisitasnya dan mulai melorot, sebelum waktunya.

9. Mata Kering

Kebanyakan orang merasa bahwa kekeringan mata bisa jadi karena sering mudik dalam polusi, bekerja dengan gadget elektronik secara teratur dan sebagainya. Sementara semua masalah ini juga bisa menyebabkan mata kering, dehidrasi juga bisa menjadi penyebab tersembunyi kekeringan mata. Sekali lagi, jaringan mata kehilangan tingkat kelembaban optimumnya, bila tubuh tidak terhidrasi dengan baik, menyebabkan mata kering.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x