Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Mei 2018 | 23:45 WIB
 

ini Sumber Vitamin B5 yang Sangat Baik untuk Tubuh

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 29 Januari 2018 | 17:30 WIB
ini Sumber Vitamin B5 yang Sangat Baik untuk Tubuh
(Foto: boldsky)

INILAHCOM, Jakarta- Vitamin B5, juga dikenal sebagai Asam Pantotenat, adalah vitamin yang larut dalam air yang ditemukan di semua sel hidup di dalam tubuh.

Mengutip dari boldsky, Senin (29/01/2018), vitamin B5 memainkan peran utama dalam metabolisme energi, bertindak sebagai Co-enzim untuk menghasilkan energi reaksi kimia. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin B5 memainkan banyak peran yang penting dalam tubuh, termasuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi, menyeimbangkan tingkat gula darah, mengurangi kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, dan mencegah kerusakan saraf dan nyeri.

Vitamin B5 ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan dalam pembuatan sel-sel darah merah. Kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan kelelahan, depresi, lekas marah, insomnia, sakit perut, muntah, infeksi pernapasan atas dan kejang otot.

Jadi untuk mengurangi vitamin B5 defisiensi, hal ini diperlukan untuk menyertakan sumber makanan berbasis hewan maupun tanaman. Berikut adalah daftar vitamin B5 makanan kaya yang Anda harus memasukkan dalam diet Anda.

1. Jamur

Jamur memiliki sebagian besar nutrisi, vitamin B5 menjadi salah satunya. Jamur kancing putih, coklat jamur, dan jamur tiram mengandung banyak vitamin B5. Dalam 100 gram melayani, jamur mengandung 36 persen dari nilai harian yang direkomendasikan vitamin ini.

2. Telur

Telur adalah sumber protein hewani yang kaya vitamin B5 lain. Telur yang dimasak satu berisi 7 persen dari vitamin B5. Jadi, mulai meningkatkan asupan telur untuk menaikkan vitamin B5. Anda bisa memiliki orak-arik atau telur direbus sangat baik untuk tubuh.

3. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin B5. Ubi jalar panggang menyediakan 10 persen dari vitamin ini. Meskipun hal ini tinggi kalori dan rendah lemak, hal ini tidak berbahaya bagi tubuh Anda. Anda dapat menggunakan ubi jalar dalam hidangan manis dan gurih.

4. Daging sapi

Daging sapi juga merupakan sumber yang sangat baik vitamin B5 atau Asam Pantotenat. Steak daging sapi tanpa lemak berisi 12 persen dari vitamin B5. Jeroan sapi adalah terutama sangat baik sumber vitamin ini. Potongan daging sapi juga kaya vitamin B5, sehingga Anda dapat memakannya sesuai.

5. Ayam

Ayam kalkun Turki juga kaya akan vitamin B5. Sepotong paha ayam dimasak menyediakan 6 persen vitamin B5. Ayam kaki dan paha, Turki kaki dan dada ayam adalah sumber vitamin B5. Turki daging dan ayam cukup fleksibel dan dapat digunakan dalam makanan mewah.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x