Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 01:35 WIB
 

KidZania Congrezz Kunjungi Kemenlu

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 24 Januari 2018 | 13:10 WIB
KidZania Congrezz Kunjungi Kemenlu
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Para anggota KidZania Congrezz 2016 - 2018 berkunjung ke Kementerian Luar Negeri republik Indonesia (Kemenlu RI) untuk mengetahui lebih dalam dan belajar tentang hubungan antar negara.

Tiba di kantor Kemenlu RI, para anggota Congrezz disambut oleh Direktur Diplomasi Publik, Aziz Nurwahyudi, sekitar pukul 10.00 wib. Aziz mulai menerangkan apa saja yang dikerjakan seorang diplomat untuk negara.

"Teman - teman KidZania Congrezz di sini kita bisa belajar terlebih dahulu untuk mengenal apa itu seorang Diplomat? Diplomat adalah seorang yang mewakili suatu negara di negara lain. Memang kerjanya jalan - jalan tapi tentu selalu menbawa misi negara masing - masing," papar Aziz Nurwahyudi saat ditemui di Kemenlu, Jakarta, Rabu (24/01/2018).

Selanjutnya, para anggota Congrezz melontarkan pertanyaan satu demi satu untuk mengembangkan pengetahuannya tentang hubungan luar negeri Indonesia. Salah satunya adalah Dhannya Vita Chandra dari Komisi Sosial dari KidZania Congrezz. Dia menanyakan tentang harapan anak Indonesia dapat membuktikan kekayaan Indonesia di luar negeri.

"Di Indonesia kami punya Pancasila. Pancasila adalah dasar negera yang diakui. Dengan lima sila yang ada di Pancasila kita harus jalankan dan diakui oleh seluruh bangsa Indonesia termasuk dengan anak-anak. Kita ajarkan anak - anak dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika, berbeda - beda tetapi tetap satu. Setiap anak punya hak sebagai warga negara," tambah Aziz.

Masih menurutnya, banyak dari teman - teman luar negeri yang belajar Pancasila. Mengapa? Karena makna dari Pancasila sangat kuat untuk persatuan bangsa.

"Contohnya, Indonesia tetap satu tidak terpecah - pecah saat situasi genting. Karena kita punya Pancasila, itu adalah prinsip yang kita kenalkan dan tunjukan ke luar. Mungkin bisa lihat, di dalam lingkungan prinsip sangat terjaga. Salah satunya Ketuhanan Yang Maha Esa," ujarnya.

Kemudian tentang toleransi. Setiap orang di masyarakat pasti menjalankan toleransi. Begitu pun dengan anak - anak. Pada di lingkungan rumah, pastinya anak-anak mendapatkan pendidikan toleransi dari keluarga. Karena itu adalah salah satu makna yang terkandung dari Pancasila.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x