Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Mei 2018 | 23:38 WIB
 

Konsumsi Makanan Tinggi Garam Sebabkan Demensia?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 22 Januari 2018 | 12:26 WIB
Konsumsi Makanan Tinggi Garam Sebabkan Demensia?
(Foto: zeenews.india)

INILAHCOM, New York - Senang makan kacang panggang renyah, wafer, kentang, dan lainnya yang tinggi kandungan garam? Berhati-hatilah, selain merugikan hatimu, mungkin juga merusak otak Anda dan menyebabkan demensia.

Mengutip dari zeenews, Senin (22/01/2018), sebuah penelitian memperingatkan hal tersebut. Pada tikus, diet tinggi garam mengurangi aliran darah ke otak istirahat 28 persen di korteks dan 25 persen di hippocampus, daerah otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori.

Temuan menunjukkan, setelah pembedahan ini, dalam aliran darah ke otak yang disebabkan oleh penurunan produksi oksida nitrat, gas yang dihasilkan oleh sel-sel endotel.

"Kami menemukan bahwa tikus makan diet tinggi garam mengembangkan demensia bahkan ketika tekanan darah tidak bangkit," kata Costantino Iadecola, Profesor Kedokteran Cornell Weill di New York.

"Ini adalah mengejutkan karena pada manusia, efek merugikan garam pada kognisi dikaitkan dengan hipertensi," tambah Iadecola.

Dalam studi yang dipublikasikan di Nature Neuroscience, tikus yang diberi makanan yang mengandung empat persen atau delapan persen garam, mewakili 8 - untuk 16 - fold peningkatan, dibandingkan dengan akhir tinggi konsumsi garam manusia.

Tikus yang hanya makan diet tinggi garam mengembangkan demensia, dan dilakukan secara signifikan lebih buruk pada tes pengenalan objek, tes labirin dan sarang.

Lebih lanjut, karena asupan garam yang tinggi, mice sel darah putih dihasilkan lebih interleukin (IL-17) 17, protein yang dikenal untuk mengatur respon imun dan inflamasi, dan mengurangi nitrat oksida dalam sel-sel endotel.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x