Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 17:41 WIB

Cara Mudah Pangkas Kalori

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 17 Januari 2018 | 14:30 WIB

Berita Terkait

Cara Mudah Pangkas Kalori
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ada banyak cara untuk memangkas kalori dalam tubuh. Penasaran bagaimana caranya?

Menurut dr. Diana F. Suganda, M.kes, Sp.GK, dari rumah sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, pada dasarnya, diet yang baik adalah ketika tubuh memiliki defisit 500 kalori per hari, atau 3500 per minggu. Hal ini akan menghasilkan menurunan berat badan sekitar 0,5 kg per minggu.

"Itu adalah jumlah berat badan yang ideal untuk turun berat badan," papar dr. Diana F. Suganda, M.kes, Sp.GK, dari rumah sakit Pondok Indah Bintaro Jaya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (17/01/2018).

Untuk meraih target turun berat badan 0,5 kg per minggu, dibutuhkan cara yang tepat. Kalori defisit dari 500 dapat diraih dari makan 250 kalori per hari. Bagaimana caranya? Simak tips berikut.

1. Makan sandwich tanpa mayonaise. Membiasakan diri makan salad, sandwich tanpa mayonaise akan mengurangi kalori dalam tubuh Anda. Secara langsung, Anda lebih banyak konsumsi serat untuk tubuh.

2. Tidak makan makanan penutup seperti ice cream, atau ice yang menggugah selera lainnya. Karena, pada dasarnya, makanan penutup akan menambah jumlah kalori atau gula dalam darah.

3. Tukar minuman ringan dengan air mineral.

4. Tidak mengkonsumsi makanan yang di upsize. Misalnya ketika makan fastfood, Anda ditawarkan untuk menambah size untuk makanan kentang. Ini akan menambahkan berat badan.

"Bakar lemak dengan olahraga. Jika Anda tidak mampu untuk olahraga yang berat, bisa melakukan dengan jalan kaki. Bisa dengan jalan santai 30 menit. Kemudian bisa dengan berenang," tambahnya.

Yang terpenting adalah menjalankan diet untuk membentuk gaya hidup sehat, bukan berpatokan dengan timbangan. Ini akan mengakibatkan diet yoyo dan tidak konsisten.(tka)

Komentar

x