Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 Agustus 2018 | 05:20 WIB

Ini Diet yang Baik untuk Tubuh

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 17 Januari 2018 | 13:55 WIB

Berita Terkait

Ini Diet yang Baik untuk Tubuh
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Beragam macam diet banyak diikuti masyarakat saat ini. Mulai dari diet Mayo, diet Ketogenic, diet Paleo, diet golongan darah, dll. Namun, apakah diet tersebut baik untuk tubuh Anda?

Menurut dr. Diana F. Suganda, M.kes, Sp.GK, dari rumah sakit Pondok Indah Bintaro Jaya diet yang baik adalah diet yang seimbang.

Ibarat mobil, pasti membutuhkan bahan bakar untuk menggerakkan yaitu dengan diisi bensin. Begitu juga tubuh. Untuk tetap bergerak, tubuh harus mengkonsumsi makanan. Jadi, diet yang baik adalah diet yang seimbang. Seperti apa?

"Diet yang benar - benar teratur dan terpantau. Pada dasarnya bisa mengkonsumsi susu, cokelat dan lainnya," papar dr. Diana F. Suganda, M.kes, Sp.GK, dari rumah sakit Pondok Indah Bintaro Jaya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (17/01/2018).

Gizi seimbang meliputi Karbohidrat sekitar 50-60 persen kemudian protein 15-20 persen, lemak 30 persen, dan vitamin serta mineral yang berasal dari buah dan sayur.

Jadwal makan yang teratur menjadi salah satu pedoman yang harus dijalani. Anda harus mengatur porsi makanan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, perhatikan cara masak.

"Masak makanan yang tidak terlalu mengandung minyak dan lemak. Bisa menggunakan satu sendok minyak untuk menumis, makanan dibakar, direbus, dikukus, dan pesmol," tambahnya.

Ketika semua aturan sudah dilaksanakan, harus tetap menjalankan aktivitas fisik dengan olahraga yang teratur. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya konsultasikan masalah diet Anda ke dokter gizi terlebih dahulu.(tka)

Komentar

Embed Widget

x