Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 13:36 WIB

Pastikan Janin Sehat dengan Nutrisi yang Cukup

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 19 Desember 2017 | 16:45 WIB
Pastikan Janin Sehat dengan Nutrisi yang Cukup
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Untuk memastikan janin berkembang sehat, maka harus diperhatikan kecukupan gizi dan nutrisi untuk janin.

Ada dua jalur utama pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk janin yaitu jalur nutrisi (pembuluh darah ibu) dan komposisi nutrisinya.

Menurut Dr Irvan Adenin SpOG(K), Konsultan Fetomaternal dari RSAB Harapan Kita, pembuluh darah memegang peran penting dalam menyalurkan oksigan dan nutrisi dari ibu ke janin, sehingga harus dipastikan pembuluh darah ibu hingga ke pembuluh darah perifer harus dalam kondisi sehat (tidak menyempit). Umumnya kelainan pembuluh darah selama hamil disebabkan hipertensi.

"Hipertensi adalah penyebab utama gangguan pertumbuhan janin dan preeklamspia," papar Dr Irvan Adenin SpOG(K), Konsultan Fetomaternal dari RSAB Harapan Kita, saat ditemui di acara Ngobras, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

IUGR (Intra uterine growth retardation) atau gangguan janin selama kehamilan dapat diketahui dengan anamnesis, pemeriksaan kondisi ibu, dan pemeriksaan USG dan CTG (alat untuk menghitung pola denyut bayi dengan kontraksi rahim).

"Contoh, jika janin kekurangan oksigen maka ada gambaran berupa denyut jantung janin yang terganggu," tambahnya.

Masih menurutnya, USG merupakan temuan luar biasa dalam kedokteran. Terobosoannya sama dengan temuan antibiotik. USG mengubah paradigma dalam praktek kedokteran sehari-hari. Kelainan bawaan yang bisa dideteksi dengan USG adalah pertumbuhan janin terhambat (PJT) hingga prediksi preeklampisia.(tka)

Komentar

x