Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 13:36 WIB

Nutrisi Tepat Agar Rambut Tumbuh Sehat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 11 Desember 2017 | 11:15 WIB
Nutrisi Tepat Agar Rambut Tumbuh Sehat
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Rambut yang bagus merupakan tanda tubuh yang sehat. Bagaimana mungkin? Ini karena jumlah nutrisi yang tepat dalam bentuk seimbang bisa memberi Anda rambut tebal dan kuat.

Mengutip dari boldsky, Senin (11/12/2017), keadaan kesehatan seseorang bisa dinilai hanya dengan melihat rambutnya. Ada banyak nutrisi di luar sana dan yang paling dibutuhkan untuk rambut.

Apa cara terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi pada rambut? Kunjungan salon bisa dilakukan sekali atau dua kali dalam sebulan untuk memberi makan rambut namun efeknya tidak akan bertahan seumur hidup.

Orang cenderung melupakan fakta bahwa makanan yang kita miliki secara teratur lebih dari cukup untuk menjaga kesehatan rambut. Hanya saja makanan yang tepat harus dikonsumsi dengan benar.

Nah, efek ini selamanya dan uang yang dihabiskan di salon bisa diselamatkan. Makanan menyehatkan folikel rambut dari dalam, yaitu akar dan tidak secara eksternal yang pada akhirnya memberikan pertumbuhan dan kemilau yang lebih baik.

Berikut adalah nutrisi yang tepat untuk rambut Anda.

1. Zink

Sangat penting untuk kesehatan folikel rambut. Ini menghambat regresi folikel rambut dan mempercepat pemulihan. Produksi sel dalam tubuh tidak memungkinkan tanpa zink. Ini juga menyeimbangkan hormon untuk sebagian besar.
Bila ini terpengaruh, itu akan menyebabkan rambut rontok. Ini tidak berarti bahwa sejumlah besar zink bisa memberi rambut yang lebih besar. Ini harus ditelan dalam jumlah sedang, 15 mg per hari. Terlalu banyak zink bisa memiliki efek buruk.

2. Minyak ikan

Lemak omega-3 banyak ditemukan pada ikan. Mereka memberi nutrisi pada rambut dan membantu menebal. Selain itu, lemak sehat ini juga membuat depresi tertelan dan melawan peradangan kulit kepala.

Suplemen minyak ikan bisa didapat setiap hari untuk menjaga kadar lemak omega-3 di tubuh tapi tidak ada sumber yang lebih baik daripada mengeluarkannya langsung dari ikan seperti salmon, mackerel, tuna, ikan putih, dan ikan sarden.


3. Vitamin B kompleks

Tidak ada hubungan langsung antara vitamin B kompleks dan pertumbuhan rambut namun telah dipelajari bahwa bila tidak ada jumlah yang dibutuhkan dalam tubuh, hal itu dapat menyebabkan rambut rontok.

Vitamin B kompleks adalah sekelompok 8 vitamin yang larut dalam air yang meliputi B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Dari mereka, pentingnya biotin (B7). B5 yang juga disebut sebagai asam pantotenat mendukung kelenjar adrenal yang merangsang pertumbuhan rambut. B1 (thiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niasin) memberi makan sel folikel rambut. Makanan tinggi vitamin B kompleks adalah: Kacang Kacang Kentang Kentang Telur Kacang Kedelai Kacang Kedelai

4. Vitamin C

Vitamin C menyediakan kolagen yang diperlukan - protein untuk menjaga kekuatan dan elastisitas rambut. Kolagen meningkatkan suplai asam amino yang menjadi dasar keratin pada struktur rambut. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan. Stres oksidatif membuka jalan bagi penuaan dan kerusakan radikal bebas pada rambut.

Konsumsi vitamin C yang tepat mencegah hal ini secara efektif dan jumlah yang diperbolehkan adalah 75 mg per hari untuk wanita dan 90 mg per hari untuk pria.(tka)

Komentar

x