Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 02:27 WIB

Awas, Orang Kurus Juga Bisa Kolesterol Tinggi!

Oleh : Santi andriani | Rabu, 11 September 2013 | 20:06 WIB
Awas, Orang Kurus Juga Bisa Kolesterol Tinggi!
(Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Salah besar jika dikatakan kolesterol hanya dimiliki oleh orang gemuk. Orang kurus pun juga berisiko menumpuk kolesterol 'jahat' di tubuhnya.

"Prevalensi orang kurus dan gemuk terkena kolesterol tinggi itu sama saja, tidak ada bedanya," kata Kepala Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Em Yunir, SpPD, K-EMD dalam diskusi tentang pengendalian kolesterol pada orang diabetes di Jakarta, Rabu (11/9).

Yang membedakan, sambungnya, karena pada orang gemuk memiliki resistensi insulin yang mengubah karbohidrat apapun menjadi gula, maka risikonya menjadi lebih tinggi dibanding mereka yang kurus.

Sementara pada orang gemuk karena adanya resistensi insulin, kolesterol tinggi pada orang berbadan kurus lebih karena memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, alkohol atau anoreksia.

Lalu bagaimana penindakannya? Ternyata ini tidak memerlukan tindakan yang berbeda apakah itu untuk orang gemuk maupun kurus. Yang penting orang gemuk harus mengurangi berat badannya sebesar 5-10 persen dari bobot tubuhnya.

"Orang kurus tidak perlu kurangi berat badan, yang penting pola makan diatur. Kurangi lemak jenuh dari minyak nabati seperti dalam gorengan. Jangan lupa aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, serta jaga kadar kolesterol dengan bantuan konsultasi dokter dan obat," paparnya.

Komentar

Embed Widget
x