Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 02:24 WIB

Awas, Sering Melamun Bikin Insomnia

Oleh : Santi andriani | Rabu, 4 September 2013 | 16:01 WIB
Awas, Sering Melamun Bikin Insomnia
(Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Sering melamun? Hati-hati ini bisa menyebabkan Anda susah tidur. Demikian hasil penelitian terbaru.

Tim dari American Academy of Sleep Medicine yang dipimpin dr Sean Drummond, profesor psiakitri dari Universitas California menemukan hubungan antara aktivitas otak yang terkena aktivitas pada siang hari dan malam hari pada penderita insomnia primer.

Insomnia primer adalah kondisi tidur terganggu tanpa pasien menderita kondisi lain, seperti depresi atau sakit kronis yang disebabkan oleh obat atau penyalahgunaan zat.

Hasilnya, pada orang yang memiliki gangguan itu, bagian otak yang digunakan untuk memori kerja menyala dan mati secara selektif untuk menyelesaikan tugas seefisien mungkin. Nah, proses ini yang terputus pada penderita insomnia primer.

"Orang-orang dengan insomnia tidak hanya mengalami kesulitan tidur di malam hari, namun otak mereka tidak berfungsi seefisien siang hari," kata dr Drummond.

"Kami menemukan bahwa penderita insomnia tidak benar ketika mengaktifkan daerah otak yang penting untuk tugas memori kerja sementara tidak mematikan daerah otak yang tidak relevan untuk tugas itu.

"Hal ini tidak mengherankan bahwa seseorang dengan insomnia akan merasa seperti mereka bekerja lebih keras untuk melakukan pekerjaan yang sama seperti mereka yang tidur dengan sehat," sambungnya, seperti dilansir dari dailymail. [mor]

Komentar

Embed Widget
x