Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 08:45 WIB

Tips Bikin Gorengan Renyah 'Tanpa Plastik'

Oleh : Santi andriani | Rabu, 4 September 2013 | 11:15 WIB
Tips Bikin Gorengan Renyah 'Tanpa Plastik'
(foto:ilustrasi)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Mengapa makan gorengan buatan sendiri tidak serenyah yang dijual abang gorengan? Apa bedanya?

Membuat gorengan yang umumnya dibaluri tepung, kuncinya adalah di proses penepungan itu sendiri. Chef Arnold Poernomo menyebut, agar gorengan tetap renyah, penepungan cukup dilakukan dua kali.

"Proses pelumuran dengan tepung cukup dilakukan dua kali. Sebab bila terlalu banyak, maka tepung menjadi tebal, dan itu akan berpengaruh pada tingkat kematangan bahan makanan," kata chef muda itu di Jakarta beberapa waktu lalu.

Alasan lain mengapa jangan berlebih memberikan tepung, yaitu karena tepung nantinya akan banyak menyimpan minyak. Jika ini terlalu tebal maka akan membuat gorengan mudah lembek tidak se-crispy ketika baru matang.

Selain itu usahakan setelah bahan makanan dibalur tepung agar tidak terlalu lama menunggu proses penggorengan. Harus cepat digoreng.

"Karena di dalam tepung terdapat kadar asam yang tinggi. Kalau didiamkan lama, rasa gorengan akan berubah. Tepung pun akan mengumpal ketika digoreng, proses inilah yang bikin makanan sulit matang," beber juri kompetisi memasak di salah satu stasiun televisi ini.

Selain tepung, penggunaan telur juga membantu membuat makanan bertepung jadi renyah. Namun lagi-lagi prosesnya jangan terlalu banyak karena akan menghambat minyak panas masuk ke makanan sehingga proses matang jadi lebih lama.

"Kalau terlalu tebal, maka lapisan telur akan menutup kadar panas yang masuk ke dalam bahan makanan. Proses penyerapan panasnya jadi lebih lambat, makanya, mengapa sering menggoreng makanan berbalut tepung jadi bantet. Jadi jangan pakai plastik ya ini tidak baik," katanya sambil berkelakar.

Komentar

Embed Widget
x