Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Februari 2019 | 00:05 WIB

Obesitas tapi Sehat, Memang Ada?

Oleh : Santi andriani | Minggu, 1 September 2013 | 16:01 WIB

Berita Terkait

Obesitas tapi Sehat, Memang Ada?
(Foto : istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Obesitas yang sehat? Kedengarannya sangat tidak mungkin. Namun penelitian mengungkapkan bahwa kondisi itu benar ada.

Dokter mengatakan, kelebihan berat badan tidak melulu berisiko meninggal lebih muda. Bahkan satu dari empat orang yang tercatat obesitas tetap fit secara fisik, memiliki tekanan darah normal, dan memproses gula dengan mudah dalam darah mereka.

Penelitian di Jerman mengungkapkan, orang bisa kelebihan berat badan tapi tetap bugar. Pengakuan hal ini akan membantu tenaga medis memberikan tindakan paling dibutuhkan.

Tim peneliti mengatakan, BMI atau body mass indextidak selalu harus menjadi patokan apakah orang mengalami kelebihan berat badan atau tidak.

Matthias Schulze dan timnya dalam artikel yang diterbitkan dalam The Lancet Diabetes & Endokrinologi, menyarankan menggunakan kebugaran fisik , resistensi insulin atau lingkar pinggang sebagai cara untuk membedakan pasien.

Seseorang bisa memiliki BMI 30 atau lebih tetapi tidak tampak pada peningkatan risiko komplikasi yang berhubungan dengan kelebihan berat badan.

"Mengingat besarnya epidemi obesitas, stratifikasi penderita obesitas, dalam hal risiko untuk penyakit metabolik yang berhubungan dengan obesitas, menjadi lebih penting untuk tujuan pencegahan dan pengobatan," kata Schulze, seperti dilansir dari nydaily. [mor]

Komentar

Embed Widget
x