Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 00:29 WIB

Ini Mengapa Sulitnya Bangun Pagi!

Oleh : Santi andriani | Minggu, 1 September 2013 | 12:02 WIB

Berita Terkait

Ini Mengapa Sulitnya Bangun Pagi!
(Foto : istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Bangun pagi memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan, psikologis sampai menentukan kesejahteraan seseorang. Namun nyatanya ini bukan perkara mudah.

Pada kebanyakan orang sangat sulit bisa bangun bagi dan bahkan merasa jauh lebih buruk di pagi hari ketimbang malam hari.

Para ilmuwan dari Universitas Colorado Boulder menemukan jawaban mengapa sulit sekali untuk bangun pagi.

Seperti dikutip dari geniusbeauty, sinar matahari memiliki peran penting terhadap kualitas tidur, hingga akhirnya menentukan apakah orang itu bisa bangun pagi atau tidak.

Sinar matahari menentukan jumlah hormon melatonin yang mengatur irama sirkadian tubuh atau periode tidur dan terjaga. Sekitar dua jam sebelum tidur jumlah hormon ini meningkat tajam dan kemudian secara bertahap akan menurun selama malam dan pagi.

Jika seseorang tidur tidak tepat waktunya seperti yang dikondisikan secara alami, tingkat melatonin dalam darah setelah bangun tidur yang terakhir akan tetap tinggi beberapa jam, ini yang membuat irama sirkadian tubuh terganggu.

Untuk menghindari ini, para ilmuwan menyarankan agar orang-orang banyak menghabiskan waktu di luar rumah agar terpapar lebih banyak sinar matahari untuk meningkatkan biorhythm.

Mereka yang bangun pagi dilaporkan memiliki perasaan lebih positif, bahagia, sehat dibandingkan mereka yang tidur lebih lama. [mor]

Komentar

Embed Widget
x