Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 04:45 WIB

Kulit Gelap Lebih Baik dari Kulit Putih

Oleh : Santi andriani | Jumat, 30 Agustus 2013 | 09:10 WIB
Kulit Gelap Lebih Baik dari Kulit Putih
(Foto : istimewa)
facebook twitter


INILAH.COM, Jakarta - Sementara bangsa Eropa dan Amerika rajin melakukan tanning atau penggelapan kulit, bangsa Asia melakukan berbagai upaya memiliki kulit yang putih.

Padahal tinggal di negara tropis, kulit gelap sudah yang paling tepat. Apalagi kalau bukan kulit gelap untuk menangkal sinar matahari yang berlebihan yang bisa berbahaya bagi kulit karena mengandung ultraviolet.

"Kalau orang bule, kena matahari sebentar kulitnya sudah merah-merah dan merasa seperti terbakar, ini mengapa orang bule suka sekali tanning atau menggelapkan kulit mereka," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Ratna Komala Dewi, SpKK, MKes di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, pada kulit orang Asia terjadi pembentukan pigmen yang solid sehingga mampu berfungsi dengan baik, seperti menangkal radiasi sinar matahari yang berbahaya seperti sinar ultraviolet. Ini yang menurut Dokter Ratna tidak dimiliki oleh kulit orang-orang di luar Asia.

"Banyak perempuan Asia yang ingin putih hingga menggunakan produk whitening. Padahal kulit Asia memiliki keuntungan lebih baik dari para bule," tandasnya. [mor]

Komentar

Embed Widget
x