Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 17:45 WIB

Kecanduan Sunbed 8 Tahun, Wanita Ini Kena Kanker

Oleh : Santi andriani | Senin, 12 Agustus 2013 | 18:10 WIB

Berita Terkait

Kecanduan Sunbed 8 Tahun, Wanita Ini Kena Kanker
(Foto : istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Kecanduannya terhadap sunbed untuk mendapatkan warna kulit lebih gelap, membuat Leanne Atherton, perempuan berusia 25 harus melawan kanker kulit.

Leanne didiagnosa mengidap melanoma ganas pada bulan Juni lalu. Ia pun menjalani biopsi kelenjar getah bening untuk memeriksa apakah sel kanker itu sudah menyebar ke bagian tubuhnya yang lain.

Melanoma, merupakan jenis kanker kulit berbahaya, diduga kuat karena kebiasaan Leanne yang menggunakan sunbed sejak berusia masih 17, artinya sudah 8 tahun diterapkan.

"Tan adalah bagian untuk terlihat baik. Dan saya pikir itu membuat ketagihan juga. Anda terbiasa melihat diri sendiri dengan warna cokelat dan ketika itu mulai memudar, Anda akan pergi untuk kembali top up (melakukan tanning lagi)," ujarnya seperti dilansir dari dailymail.

Leanne setidaknya menerapkan tanning selama 20 menit dalam seminggu. Ia pun mengaku tak memiliki pengetahuan akan dampak negatif dari tanning dengan sunbed yang berkepanjangan.

"Saya sekarang tahu banyak bahwa menghabiskan pada sunbed dan memiliki jenis kulit seperti saya, yaitu dengan mata biru dan memiliki banyak tahi lalat berarti saya seharusnya tidak menggunakan mereka (sunbed) sama sekali," ujarnya.

Penelitian menunjukkan menggunakan sunbedmeningkatkan risiko kanker kulit hingga 75%.

Leanne kini hanya bisa menyarankan agar mereka yang berniat menggelapkan kulit dengan tanning di salon agar sebaiknya mengumpulkan informasi tentang risikonya sebelum memutuskan menggunakan sunbed. [mor]

Komentar

Embed Widget
x