Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 12:56 WIB

Hormon Testosteron Ampuh Untuk Lansia?

Oleh : Indah Winarso | Kamis, 1 Agustus 2013 | 13:09 WIB
Hormon Testosteron Ampuh Untuk Lansia?
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Sydney - Peneliti Australia meyakini mereka berhasil menemukan cara meninimalisir kerapuhan pada masa lansia.

Institute Garvan Sydney mengadakan penelitian yang menunjukkan dosis kecil testosteron yang diberikan ke hati bisa mencegah kelemahan fungsi otot terkait dengan penyakit penuaan dan banyak penyakit kronis lainnya.

Endokrinolog di institut itu, Profesor Ken Ho menjelaskan bahwa skala disfungsi yang timbul akibat dari pengecilan otot, sebenarnya bisa dicegah.

"Penuaan itu adalah proses yang komplek, tapi salah satu konsekuensi penuaan adalah kerapuhan dan kerapuhan muncul dari hilangnya kemampuan otot," jelasnya seperti dirilis ABC News.

Manfaat terapi testosteron sebanding dengan efek sampingnya. Terlalu banyak penggunaannya pun bisa meracuni hati, kerusakan otot jantung, menyebabkan agresi dan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan.

"Penemuan kami benar-benar cukup sederhana dan ini sebuah cara baru menggunakan hormon tua," kata Ho.

Orang dapat memanfaatkan hasil penelitian ini lebih banyak, termasuk pasien dengan penyakit ginjal kronis dan mengurangi fraktur osteoporosis pada lansia. [mor]

Komentar

x