Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 17:29 WIB

Jokowi Ingin Banyak Wisatawan Malaysia Ke Jakarta

Oleh : Ediya Moralia | Minggu, 16 Juni 2013 | 12:18 WIB
Jokowi Ingin Banyak Wisatawan Malaysia Ke Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo - (Foto: inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Kuala Lumpur - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berharap kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Jakarta makin meningkat seiring berbagai upaya yang dilakukan Pemprov DKI dalam membenahi Jakarta.

Ia juga mendukung berbagai program promosi wisata dan budaya Jakarta yang dilakukan dalam upaya mendongkrak jumlah pelancong datang ke Jakarta, termasuk dari Malaysia.

"Jakarta sudah menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi wisatawan mancanegara, termasuk Dari Malaysia. Mari kita rawat bersama ibukota ini agar para wisatawan betah dan makin nyaman berkunjung ke Jakarta," kata Jokowi, akhir pekan lalu pada acara Forum Bisnis program promosi Enjoy Jakarta, di JW Marriot Hotel Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam siaran pers yang diterima Inilah.com, Jokowi mengatakan bahwa sebagai kota jasa, Jakarta sangat berpotensi untuk mengembang sektor wisatanya. Bukan hanya sekadar sarana dan prasarana yang telah tersedia, Jakarta juga diperkaya dengan keragaman budayanya.

"Ini menjadi modal kita untuk mengembangkan wisata Jakarta ke depannya," ujar Jokowi.

Karenanya Pemprov DKI terus menggeber potensi wisata ibukota melalui berbagai kegiatan promosi, baik ke luar negerai maupun di dalam negeri.

"Seperti sekarang ini, selain Enjoy Jakarta ke Kuala Lumpur Malaysia, di dalam negeri kita juga menggelar program promosi Jakarta Tourism Expo pada beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Manado dan Banjarmasin. Kita berharap, sektor pariwisata bisa makin memberikan kontribusi yang optimal bagi pendapatan daerah DKI," tutur Jokowi.

Jumlah wisatawan asal Malaysia yang berkunjung ke Jakarta pada 2013 ditargetkan mencapai lebih 500 ribu.

"Kami targetkan selama 2013 ini, kunjungan wisatawan Malaysia ke Indonesia bisa mencapai lebih dari 500 ribu," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman pada kesempatan yang sama.

Ia optimistis target itu bisa tercapai. Selain jumlah pelancong Malaysia terus meningkat, Jakarta juga terus berbenah diri dengan membangun sarana dan prasarana pariwisatanya.

"Indikasinya, untuk 2013 ini, hingga Maret jumlah wisatawan Malaysia ke Indonesia sudah mencapai 70 ribu. Selain itu, beberapa program wisata menarik juga akan berlangsung di Jakarta. Karena itu kami optimistis, target itu bisa tercapai," ucapnya.

Dalam forum bisnis kali ini. sebanyak 25 pelaku dan asosiasi industri pariwisata dari Jakarta memberikan presentasi dan menawarkan berbagai paket wisata menarik kepada 150 buyer yang merupakan biro perjalanan yang cukup dikenal di Malaysia

"Kita sengaja menggelar acara ini pertengahan Juni karena mendekati musim liburan di Malaysia dan diharapkan akan semakin banyak wisatawan Malaysia tertarik datang ke Jakarta untuk mengisi liburan mereka.Sejumlah paket wisata menarik siap ditawarkan oleh pelaku perusahaan dari Jakarta kepada mitra bisnisnya dari Malaysia," tutur Arie.

Dalam rangka promosi di Kuala Lumpur juga digelar konser musik dan pagelaran budaya Enjoy Jakarta dengan mendatangkan sejumlah artis papan atas seperti penyanyi Rossa, Band Ungu, Denny Malik Dancer, Hedi Yunus dan Sarah Sechan. Dalam acara yang digelar di Anniversary-Lake GardenKuala Lumpur, pada Jum'at, 14 Juni 2013, pukul 20.30, masyarakat tidak hanya akan disajikan penampilan para penyanyi dan penari, tapi juga pementasan budaya Indonesia lainnya.

"Ini bukan konser biasa. Selain bertemu dan menghibur masyarakat di Kuala Lumpur kami juga akan menampilkan budaya Indonesia," kata Rossa.

Komentar

Embed Widget
x