Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 03:07 WIB

Kacang-kacangan Juga Bagus untuk Tulang

Oleh : Santi Andriani | Selasa, 7 Mei 2013 | 15:15 WIB
Kacang-kacangan Juga Bagus untuk Tulang
Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Para orang tua kini tak perlu merasa bersalah jika kurang memberi asupan susu demi memenuhi kebutuhan kalsium untuk tulang yang kuat.

Karena kacang-kacangan juga memberi manfaat yang sama besar yaitu kaya akan magnesium, mineral yang memainkan peran penting dalam membangun tulang.

'Banyak nutrisi yang penting bagi anak-anak untuk memiliki tulang sehat dan salah satu dari magnesium, " kata pemimpin penulis Steven Abrams, profesor pediatri di Baylor College of Medicine di Houston seperti dikutip dari dailymail.

Penelitian melibatkan 63 anak sehat berusia antara empat dan delapan tahun yang tidak mengkonsumsi multivitamin atau mineral. Mereka lalu menjalani rawat inap di rumah sakit sehingga nantinya kadar kalsium dan magnesium bisa diukur.

Selama di rumah sakit, mereka diberikan makanan dan minuman yang mengandung kadar magnesium dan kalsium yang sama besar.

Sebelum dan sesudah dikonsumsi makanan dan minuman ditimbang untuk menentukan berapa banya kalsium dan magnesium yang dikonsumsi.

Pun ketika kembali dirumah, mereka juga dibekali alat pengukur untuk mengukur asupan kalsium dan magnesium yang mereka konsumsi.

Lalu urin mereka dikumpulkan selama 72 jam. Lalu para peneliti mengukur berapa banyak kalsium dan magnesium yang terserap ke dalam tubuh dengan tehnik khusus yang disebut dual-energy X-ray absorptiometry seluruh tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah magnesium yang dikonsumsi dan diserap adalah prediktor kunci berapa banyak anak-anak memiliki tulang yang baik.

Ini makanan yang kaya akan magnesium biji labu, gandum, coklat hitam, kacang almond, kacang mete, yoghurt, lentil,pisang, sayuran berdaun hijau. [mor]

Komentar

Embed Widget
x