Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 05:10 WIB

Nusa Lembongan, Magnet Para Pecinta Wisata Air

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Kamis, 18 April 2013 | 19:05 WIB
Nusa Lembongan, Magnet Para Pecinta Wisata Air
Nusa Lembongan - (Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Keindahan wisata Bali tak hanya ada di Kuta dan Legian saja. Bagian timur barat selatan utara Pulau Dewata ini adalah taman wisata yang sulit untuk dilupakan.

Keindahan seni budaya yang menghipnotis, melihat langsung lukisan alam yang maha sempurna, bermanja ria di kapal pesiar nan mewah hingga mengenal lebih dekat sisa-sisa sejarah, bisa menjadi alternatif menarik untuk mengisi akhir pekan Anda kali ini.

Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau kecil dari deretan tiga pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Dengan kondisi geografis wilayahnya yang relatif kecil, pulau ini sangat cocok untuk bersantai dan menjelajahi hamparan keindahan pulaunya dengan berjalan kaki. Jika memang ingin menyusuri kawasan pulau ini hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Dengan pasir putihnya yang lembut didukung dengan kejernihan air lautnya beserta berbagai jenis ikan maupun terumbu karang, semakin menambah kecantikan nuansa alam dan lautnya.

Untuk sampai ke sini, wisatawan dapat menggunakan perahu motor dari Pantai Sanur sekitar 2 jam berlayar menuju Jungutbatu di Nusa Lembongan. Alternatif lain yaitu dari Pelabuhan Benoa sekitar 1,5 jam perjalanan.

Dari Pelabuhan Benoa menuju kawasan wisata Nusa Lembongan yang kini menjadi andalan Bali itu, ada dua kapal pesiar yang siap mengantar yaitu Bounty Cruises dan Bali Hai Cruises yang berangkat dari Ponton.

Selanjutnya untuk menjelajah Pulau Nusa Lembongan melalui perjalanan darat sudah bisa digunakan fasilitas mobil. Fasilitas transportasi darat di pulau tersebut sudah bisa dikatakan cukup baik karena jalannya sudah diaspal. Selama perjalanan menyusuri pulau tersebut, Anda dapat melihat rumah-rumah penduduk setempat dan tempat balai pertemuan di pulau ini.

Tidak jarang pula ada wisatawan mancanegara yang mengendarai sepeda motor untuk menjelajahi pulau ini. Anda dapat menyewa sepeda motor maupun sepeda di Jungkutbatu untuk perjalanan mengelilingi dan menyelusuri Pulau Nusa Lembongan.

Kondisi lingkungan yang masih asri serta dilengkapi beberapa fasilitas, siap memanjakan Anda untuk menikmati keasrian Pulau ini. Seperti hotel, bungalow, restoran, tempat pertunjukan kesenian, sampai objek wisata laut untuk menyelam dan menyaksikan keindahan terumbu karang di dalamnya.

Ada beberapa titik lokasi umum yang bisa dikunjungi di Nusa Lembongan, seperti perkampungan penduduk dan pasar kerajinan. Ada juga beberapa resort yang tersedia di Nusa Lembongan. Di Nusa Lembongan juga terdapat perkampungan tempat pembudidayaan rumput laut. Sebagian besar penduduk di Nusa Lembongan adalah petani rumput laut.

Jadi sewaktu kita mengunjungi Pulau Nusa Lembongan, Anda akan melihat banyak sekali rumput laut yang sedang dijemur. Selain itu, pulau yang dihuni sekitar 4.000 jiwa ini, memilik objek wisata yang terkenal yaitu menyusuri Goa Gala.

Pulau Nusa Lembongan juga cukup populer bagi kalangan surfer atau peselancar. Bagi para penyelam, pemandangan terumbu karang di sekitar Pulau Nusa Lembongan begitu memukau.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan snorkeling dan diving di sini. Tersedia juga berbagai perlengkapan dan peralatan untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving atau menyelam yang dapat di sewa.


Komentar

Embed Widget
x