Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 07:56 WIB

Ingin Bebas dari Gangguan Saraf ? Ini Makanannya

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Minggu, 7 April 2013 | 21:05 WIB
Ingin Bebas dari Gangguan Saraf ? Ini Makanannya
Gangguan Saraf - (Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAH,COM,Jakarta - Gangguan saraf atau yang kerap disebut neuropati bisa menimpa siapa saja. Terlebih mereka yang telah berusia 40 tahun ke atas karena mengalami penurunan fungsi saraf.
Neuropati merupakan kerusakan saraf akibat penurunan fungsi saraf yan gejala seperti rasa baal atau kebas, rasa terbakar, mati rasa, kram, kaku otot, kesemutan, kehilangan kontrol kandung kencing, kulit hipersensitif, kulit mengkilap dan rambut rontok di area tertentu, kelemahan anggota gerak, dan penyusutan otot.
Pencegahan melalui pola hiddup sehat dengan membiasakan mengkonsumssi makanan bergizi menjadi salah satu alternatif pencegahan untuk menghindari terjadinya kerusakan atau ganggguan saraf.
Dr Manfaluthy Hakim, Sp.S (K), Ketua kelompok studi neurofisiogi dan saraf tepi Perdoassi pusat menjelaskan erbaikan gaya hidup dengan mengusahakan gizi seimbang serta konsumsi vitamin akan mencegah timbulnya risiko kerusakan saraf.
"Semakin tua usia, fungsi saraf semakin menurun. Saraf kita sangat tergantung pada suplai vitamin B yang memadai dan sangat sensitif terhadap kekurangan vitamin B. Karena vitamin ini berguna 'bahan baku' regenerasi Saraf," jelasnya beberapa waktu lalu di Jakarta.
Menurutnya, ada beberapa bahan makanan yang mengandung B1, B6 dan B12 yang sangat penting untuk pemulihan saraf rusak atau pelindung lapisan saraf-saraf kita. Apa saja ?
Vitamin B1
Anda bisa mengonsumsi beras merah dan gandum sebagai pengganti karbohidrat, kemudian untuk porsi sayurannya Anda bisa mengonsumsi wortel dan kacang panjang. Mengonsumsi semua asupan itu sangat penting, apalagi bila Anda sudah tervonis neuropati.
Vitamin B6
Untuk melengkapi vitamin B6 dalam tubuh, secara umum Anda bisa mengonsumsi vitamin B6 dengan aneka sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan. Hal ini sangat penting karena dalam kandungan itu akan membantu pembentukan sel-sel darah dan merangsang urat saraf Anda.
Vitamin B12
Vitamin B12 ini adalah vitamin yang paling penting untuk regenerasi saraf yang rusak, atau juga memperbarui lapisan saraf yang rusak. Untuk itu, bagi yang sudah mengalami gangguan saraf ini, Di sarankan untuk mengonsumsi salah satu makanan seperti telur, tempe, susu atau yoghurt, daging sapi ataupun daging ikan setiap harinya. (berbagai sumber).

Komentar

x