Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 06:07 WIB

Makanan Ini Jadi Sumber Petaka Kesehatan

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Kamis, 28 Maret 2013 | 16:15 WIB
Makanan Ini Jadi Sumber Petaka Kesehatan
Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta -Ada beberapa makanan yang memang sehat secara kasat mata, namun jika dikonsumsi berlebihan justru akan mendatangkan petaka bagi kesehatan.

Nah, berikut beberapa makanan sehat yang menjadi sumber petaka bagi kesehatan seperti diungkapkan oleh dua ahli diet yaitu Lauren Antonucci dan Lisa Moskovitz, yang juga ahli gizi olahraga di New York City.

Selai kacang rendah lemak

Ketika para produsen mengurangi kandungan unsur lemak dari selai kacang, mereka menggantinya dengan gula. Akibatnya, selai kacang rendah lemak ini memiliki nilai kalori total yang sama seperti aslinya, tetapi memiliki jumlah karbohidrat dua kali lebih banyak.

"Lebih baik memilih selai kacang biasa. Anda akan makan lebih sedikit, karena versi penuh lemak lebih memuaskan dan mengenyangkan," kata Moskovitz.

Sushi

Gulungan sushi juga bisa menipu. Meski terlihat tampak kecil, tetapi jumlah kalori yang terkandung di dalamnya cukup besar dan bisa menjadi bom waktu bagi ukuran pinggang Anda.

Satu gulungan sushi memiliki lebih dari 500 kalori. Moskovitz merekomendasikan agar menghindari gulungan yang mencakup bahan-bahan seperti tempura, krim keju, keju parut, atau saus mayones pedas.

Susu

Meskipun kecil, beberapa produk susu olahan juga bisa membuat kulit bermasalah. Sebuah studi menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi banyak susu, khususnya susu skim dengan timbulnya jerawat.

Gangguan kulit ini biasanya dialami orang yang mengalami intoleransi laktosa. Pada beberapa orang, susu juga bisa menimbulkan gatal dan merah-merah.

Karbohidrat sederhana

Ada banyak jenis karbohidrat, tetapi bagi sebagaian besar orang Indonesia, rasanya tak lengkap jika belum mengonsumsi nasi meski sudah melahap pizza atau semangkuk mi.

Sebaiknya Anda membatasi asupan karbohidrat sederhana, dan menggantinya dengan karbohidrat kompleks yang kaya serat. Selain memberi rasa kenyang lebih lama, makanan ini menjaga kadar gula darah tetap normal. [berbagai sumber/mor]


Komentar

Embed Widget
x