Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 06:08 WIB

Ibu Menyusui Rendah Terkena Kanker

Oleh : Santi Andriani | Kamis, 28 Maret 2013 | 11:18 WIB
Ibu Menyusui Rendah Terkena Kanker
Ibu menyusui - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Wanita yang menyusui eksklusif kepada bayi selama enam bulan menurunkan risiko kematian akibat kanker sebesar 10%.

Tak hanya itu, penelitian juga mengungkapkan, menyusui dapat memotong risiko terkena serangan jantung dan stroke sebesar 17%.

Para peneliti mempelajari hampir 380.000 orang di sembilan negara Eropa selama 12 tahun. Hasilnya, mereka yang mengikuti saran dari World Cancer Research Fund/American Institute for Cancer Research (WCRF/AICR) memiliki kemungkinan menghentikan peluang meninggal akibat beberapa penyakit sebesar 34%.

Mereka adalah yang mengikuti tujuh rekomendasi untuk mengurangi risiko kaker. Seperti dilansir dari dailymail.

Rekomendasi adalah terdiri dari menjaga berat badan yang sehat, aktif secara fisik, mengurangi makanan dan minuman yang membantu meningkatkan berat badan, makan lebih banyak makanan nabati, mengurangi konsumsi daging dan minuman beralkohol, dan - dalam kasus ibu menyusui - menyusui selama setidaknya enam bulan.

Dr Teresa Norat, dari Imperial College London, yang memimpin proyek itu, mengatakan, "Ini studi besar Eropa yang pertama yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara mengikuti WCRF/AICR rekomendasi, dan mengurangi risiko kematian akibat kanker, penyakit peredaran darah dan pernapasan penyakit. Sekarang penelitian lebih lanjut diperlukan dalam populasi besar lainnya untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Mereka yang mengikuti rekomendasi setidaknya menghentikan peluang meninggal akibat penyakit pernapasan sebesar 50%, penyakit peredaran darah sebesar 44% dan kanker sebesar 20% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikuti rekomendasi. [mor]

Komentar

Embed Widget
x