Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 08:05 WIB

Ini Agar Anak Tak Sulit Makan

Oleh : Santi andriani | Selasa, 19 Februari 2013 | 21:09 WIB
Ini Agar Anak Tak Sulit Makan
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Waktu memberi makan anak-anak bisa menjadi saat paling menyusahkan, dan bahkan berakhir tidak menyenangkan karena sulitnya meminta mereka makan makanan yang sudah disiapkan.

Misalnya, penelitian di Eropa menunjukkan, anak-anak di Inggris memiliki prosentasi tertinggi untuk menolak makan apa yang diletakkan di depan mereka. Hampir 70% secara teratur tidak makan apa yang disediakan di piring sementara lebih dari seperempatnya menolak makan setiap harinya.

Sehingga terkadang para orang tua menjadi sangat putus asa dan akhirnya cenderung memberikan makanan yang kurang sehat seperti makanan siap saja atau camilan tidak sehat.

Mengutip dari femalefirst.co.uk, para orang tua harus mulai membangun kebiasaan si kecil makan makanan sehat yang telah disediakan.

Setidaknya ada enam langkah sederhana untuk mulai membiasakan si kecil makan makanan mereka.

1. Orang tua jadilah panutan

Anak kecil pandai meniru. Ia akan meniru apa yang dilihatnya, begitupun juga soal makanan. Jika Anda saja menolak makan makanan sehat , lalu mengapa Anda paksakan si kecil untuk memakannya.

Mulailah untuk duduk bersama dengan si kecil dengan piring Anda diisi sama dengan makanan untuk si kecil. Atau bisa juga Anda makan bersama-sama dengan si kecil dalam satu piring.

2. Cemilan sehat

Waktu mengemil adalah menyenangkan, jadi terapkan juga ini pada si kecil. Tapi ingat hanya cemilan sehat yang harus Anda berikan kepada si kecil, akan lebih baik jika itu buatan Anda sendiri.

3. Ini butuh waktu

Sesuatu yang baik tidak berjalan dengan instan, ini butuh waktu. Perkenalkanlah makanan baru secara bertahap dan dalam porsi kecil.

Bersabarlah, beberapa anak akan menerima makanan baru setelah ditawarkan 10-15 kali.

4. Jadilah koki kreatif

Meskipun mungkin bukan Anda yang memasaknya, Anda bisa terlibat untuk menyajikannya dengan menarik yang bisa menarik minat si kecil.

Misalnya bentuk makanan menjadi bentuk yang lucu, sambil bermain atau makan dengan suasana piknik di dalam atau luar rumah.

5. Beri mereka pilihan

Ketika kebetulan mengajak si anak berbelanja sayuran, sesekali biarkan anak-anak memilih sayur apa yang mereka ingin makan untuk hari itu.

6. Cobalah untuk tidak menawarkan menu khusus

Tahan godaan untuk menyiapkan makanan khusus, sebaliknya ajarkan mereka makan makanan yang sama untuk seluruh anggota keluarga.

Tapi Anda bisa membuat satu menu yang disukainya. [mor]

Komentar

Embed Widget
x