Find and Follow Us

Sabtu, 25 Januari 2020 | 07:27 WIB

Salah Lemak Saat Hamil Ancam Obesitas Anak

Oleh : Santi andriani | Sabtu, 12 Januari 2013 | 16:16 WIB
Salah Lemak Saat Hamil Ancam Obesitas Anak
Ilustrasi Kehamilan - Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Ibu hamil disarankan untuk menambah porsi makanan mereka lebih banyak untuk perkembangan janin. Namun jika ibu salah mengkonsumsi jenis lemak, ini akan membuat calon bayi kelebihan berat badan.

Bahkan obesitas tetap bisa mengikuti pertumbuhan anak hingga besar kelak.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Southampton, meneliti dengan membandingkan ibu-ibu yang mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dengan makanan yang mengandung omega 6 asam lemak tak jenuh ganda (PUFA).

Peneliti lalu juga menilai tingkat lemak dan massa otot dari 293 anak laki-laki dan perempuan yang berusia empat dan enam tahun. Hasilnya dibandingkan dengan konsentrasi berbagai jenis asam lemak yang diukur dalam sampel darah para ibu selama mengandung.

Studi menemukan, anak-anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi omega 6 selama kehamilan memiliki massa lemak yang lebih besar.

"Hasil ini menunjukkan bahwa perubahan dalam diet ibu selama kehamilan untuk mengurangi asupan omega 6 PUFA mungkin memiliki efek menguntungkan pada komposisi tubuh anak yang sedang berkembang, " ujar Dr Nicholas Harvey, dosen senior di Medical Research Council Lifecourse Epidemiology Unit at the University of Southampton yang juga memimpin penelitian.

Hasil penelitian yang sudah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endokrinologi dan Metabolisme, juga menunjukkan hubungan antara omega 3 dan massa otot pada anak-anak mereka.

Hasilnya, semakin tinggi mengkonsumsi omega 3, justru semakin sedikit lemak pada bayi, sebaliknya memperkuat otot dan tulang.

Asam lemak omega 3 ditemukan dalam minyak ikan dan suplemen minyak ikan, serta biji labu dan kenari. Ini sangat penting untuk perkembangan sistem otak, saraf dan mata.

Namun dalam dua dekade belakangan ini, para ibu justru memilih mengganti omega tiga dengan omega enam yang ditemukan dalam zaitan dan minyak bunga matahari. Seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Komentar

x