Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 21:39 WIB

Ini Bahayanya Tutup Botol Sampanye

Oleh : Santi andriani | Selasa, 1 Januari 2013 | 18:13 WIB
Ini Bahayanya Tutup Botol Sampanye
Foto : Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Membuka tutup botol sampanye dengan tidak hati-hati akan membuat mata menjadi buta. Dokter memperingatkan tutup botol sampanye bisa menyebabkan cedera mata serius dan bahkan kebutaan.

Tekanan di dalam botol sampanye dapat meluncurkan tutup botol yang terbuat dari gabus inidengan kecepatan 50 mil per jam - cukup cepat untuk menghancurkan kaca dan menyebabkan kerusakan penglihatan permanen.

"Ketika gabus sampanye terbang, Anda benar-benar tidak punya waktu untuk bereaksi dan melindungi mata Anda. Botol sampanye mengandung tekanan setinggi 90 pon per inci persegi - lebih dari tekanan yang ditemukan di dalam sebuah ban mobil yang khas.Tekanan ini dapat meluncurkan gabus sampanye pada 50 mil per jam saat meninggalkan botol, yang cukup cepat untuk menghancurkan kaca," ujar dokter dari American Academy of Ophthalmology dalam rilisnya.

Seperti dirilis dari dailymail.co.uk,rentang waktu itu dapat menyebabkan berbagai cedera mata serius, termasuk akut glaukoma, kerusakan struktur tulang mata, dislokasi lensa, perdarahan okular, ablasi retina dan pecahnya dinding mata.


Penelitian sebelumnya di British Journal of Ophthalmology menunjukkan bahwa botol sampanye berisi 750 ml mengandung 4,125 liter karbon dioksida dengan tekanan 6,2 bar yang dapat menembak gabus 30g sampai dengan 13 meter.

Ia menambahkan bahwa dengan jarak pembukaan khas 60cm, gabus membutuhkan waktu kurang dari 0,05 detik untuk mencapai mata.

Di Amerika Serikat, botol sampanye paling membawa label peringatan mencolok akan bahaya untuk mata dan menunjukkan cara yang benar membuka botol.

Karena bahaya, American Academy of Ophthalmologymengeluarkan sejumlah tips membuka botol yang benar sehingga meminimalkan kemungkinan mengenai mata.

Yaitu menempatkan handuk di bagian atas botol dan memegang gabus melalui kain. Kemudian tarik gabus keluar dari botol perlahan-lahan, melawan dengan sedikit tekanan saat gabus dekat dengan permukaan. [mor]

Komentar

Embed Widget
x