Find and Follow Us

Rabu, 29 Januari 2020 | 06:05 WIB

Jelajahi Liburan Hemat Bareng Si Kecil

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Jumat, 16 November 2012 | 15:19 WIB
Jelajahi Liburan Hemat Bareng Si Kecil
ist
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Liburan bersama keluarga, terlebih bersama si keci,l tak perlu harus mahal.

Beberapa pilihan destinasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya juga bisa ikut menghibur sekaligus mendidik anak-anak.

Sebenarnya, liburan tidak harus menghabiskan biaya banyak. Ajak anak-anak berdiskusi, tempat liburan seperti apa yang mereka inginkan kali ini.

Jika Anda dan keluarga meu menjelajah kota Jakarta dan sekitarnya, berikut beberapa tempat yang bisa dijadikan destinasi menarik bahkan mendidik.

Eksplorasi minat

Jika anak-anak lebih suka kegiatan indoor, ikuti kelas memasak atau bergabung dalam kegiatan yang diadakan sebuah perpustakaan tertentu. Selain anak dapat mengeksplorasi minatnya, ia juga bisa bertemu teman-teman baru

Sebaiknya Anda menghindari lokasi yang berada di dalam mal agar minat anak tak terganggu godaan permainan.

Daya tarik outdoor

Bila mereka suka dengan alam terbuka yang sarat dengan permainan dan aktivitas berbau fisik, maka Anda bisa memilih tempat dengan fasilitas outbound, seperti flying fox, area panjat tali tambang, dan all terrain vehicle yang kini sedang marak.

Namun masih ada beberapa pilihan outdoor lain bila anak Anda lebih suka berpetualang di alam terbuka, seperti kamping atau bahkan bercocok tanam.

Memang untuk destinasi serba outdoor ini, Anda harus sedikit keluar dari Jakarta, misalnya Sentul atau Bogor. Jadi, Anda hanya perlu mempersiapkan biaya bensin, makan, dan tiket masuk ke area tersebut.

Pastikan Anda berbekal perlengkapan untuk antisipasi segala cuaca misalnya payung, jas hujan, topi, pakaian ganti, dan sun screen. Pakaian anak pun harus diperhatikan yang melindungi tubuh, misalnya lebih baik menggunakan celana panjang.

Penggemar buku

Membangkitkan minat baca pada anak melalui pergi ke perpustakaan merupakan sebuah ide bagus untuk mengisi liburan. Mereka tak hanya terhibur tetapi juga bisa mendapatkan banyak ilmu lewat buku.

Di Perpustakaan Nasional, misalnya, terdapat sebuah bagian khusus yang berisi buku-buku anak berupa buku nonfiksi dan fiksi yang disajikan secara ringan dalam bentuk komik.

"Kami tidak memungut biaya. Dan untuk memajukan minat baca anak di seluruh Indonesia, pemerintah membuat banyak peraturan yang mendukung perkembangan perpustakaan. Misalnya, melalui program perpustakaan desa, yang juga menyediakan koleksi buku anak-anak." ungkap Kepala Bidang Layanan Koleksi Umum, Perpustakaan Nasional RI, Lucya Dhamayanti.

Bersenang-senang dengan sejarah

Bila anak Anda telah mengerti dan tertarik dengan sejarah, maka Anda bisa mengajaknya ke berbagai museum. Khusus untuk sejumlah museum yang berada di kawasan Kota Tua, Anda bisa mencoba mengunjungi Wisata Kota Tua, disana terdapat sebuah komunitas yang disebut Trem Kota (Tim Relawan Museum dan Kota Tua).

"Mereka tidak saja mempromosikan dan peduli dengan museum di kawasan tersebut, tetapi jiga kerap mengajak pengunjung menggalakan budaya tidak buang sampah sembarangan," kata Bendahara Trem Kota Tua, Yosep Sopyan.

Yosep menjelaskan, semakin hari, semakin banyak pengunjung yang datang ke kawasan ini, tapi yang paling sering dikunjungi adalah Museum Sejarah Jakarta atau yang biasa disebut Museum Fatahillah.

"Tiket masuk terbilang sangat murah. Warga sekitar juga sangat mendukung minat penginjung, dengan menyewakan sepeda onthel dengan tarif dua puluh ribu per jam untuk para pengunjung yang ingin berkeliling," jelas yosep. [berbagai sumber/mor]

Komentar

x