Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 01:24 WIB

Inilah Asupan Nutrisi Ekstra Para Pesepeda

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Jumat, 16 November 2012 | 12:05 WIB
Inilah Asupan Nutrisi Ekstra Para Pesepeda
ist
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Kecukupan gizi maupun sumber energi pendongkrak stamina yang dihasilkan dari makanan, idealnya dipenuhi dalam setiap aktivitas olahraga, termasuk bersepeda.

Kebutuhan sumber energi saat kita menjalani aktivitas bersepeda, apalagi bagi para pesepeda profesional yang menjalani latihan rutin tentu mesti dibedakan dengan ketika kita menjalani aktivitas rutin biasa.


Perbanyak vitamin D, omega 3, dan kalsium

Belum ada riset yang secara spesifik mengungkapkan manfaat ketiganya terhadap kesehatan. Namun vitamin D, asam lemak, Omega 3, dan kalsium bisa membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme.

Sebagai pilihan alami, kalsium banyak terdapat pada tahu, sayuran hijau tua seperti bayam dn kacang putih kalengan.

Sementara vitamin D dan omega 3 banyak terdapat dalam ikan salmon dan sarden. Selain itu, omega 3 juga banyak dimiliki kacang dan flaxseed.

Bersahabat dengan serat

Penelitian yang berlangsung selama 10 tahun menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi serat terbukti memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes tipe-2.

Makanan keya serat, seperti buah, sayuran, kacang serta biji-bijian memiliki banyak vitamin serta substansi penting bagi tubuh, namun sedikit mengandung kalori.

Selain itu, serat juga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Makan lebih sering

Makan sehat setiap tiga jam bisa mencegah keinginan ngemil tidak sehay yang membuat tubuh mudah menggemuk. Bagilah menu harian menjadi tiga kali makan besar dan dua kali makan snack. Dan yang terpenting jangan pernah lewatkan sarapan.

Pilih menu yang sehat

Memang bahan-bahan utama penunjang menu sehat terasa berbeda dengan makanan lezat yang biasa dimakan. Tapi jangan takut, kombinasi antara garam dan gula dalam jumlah cukup misalnya, bisa mampu menggantikan rasa gurih yang biasa didapat dari MSF pada jenis makanan konvensional. [mor]

Komentar

Embed Widget
x