Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 05:22 WIB

Kebiri Bikin Umur Pria Lebih Panjang?

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Rabu, 17 Oktober 2012 | 20:09 WIB
Kebiri Bikin Umur Pria Lebih Panjang?
Foto : Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Siapa bilang vasektomi atau yang sering disebut kebiri, membuat pria loyo dan tak bergairah?

Sebuah penelitian mengunkapkan bahwa tindakan pengebiran, atau memotong alat vital kaum pria membuat umur meraka bertambah panjang.

Para ilmuwan Korea menemukan cara ampuh bagi pria untuk hidup lebih lama di dunia ini, Para peneliti di Korea telah menunjukkan bahwa kasim, pria yang dikebiri yang hidup berabad-abad lalu ternyata hidup lebih lama.

Kasim adalah sebutan untuk pelayan istana yang bertugas sebagai penjaga tempat tidur bagi keluarga kerajaan. Untuk menjadi kasim, mereka harus dikebiri sehingga nafsu seksualnya hilang. Ini dilakukan pihak kerajaan agar dalam menjalankan tugasnya mereka tidak berzinah dengan putri atau selir raja.

Dilansir dari Dailymail para peneliti di Korea menemukan fakta bahwa metode ini dapat membuat seorang pria hidup lebih lama. Dan praktek ini telah dilakukan di negara ini berabad-abad yang lalu. Hasil ini sebelumnya didapat setelah meneliti silsilah pejabat Kekaisaran Dinasti Chosun Korea yang hidup pada 1392-1910.

Menurut para peneliti, hal ini kemungkinan bisa terjadi karena hormon seks laki-laki pada dasarnya bertanggung jawab, dalam hal memperpendek kehidupan seorang Pria.

Kyung-Jin Min, dari Inha University, mengatakan temuan ini menambah petunjuk penting untuk memahami mengapa ada perbedaan dalam rentang kehidupan antara laki-laki dan perempuan.

Pada tradisi Korea kuno, anak pria sering dikebiri dan kehilangan organ reproduksi mereka dalam berbagai kecelakaan. Paling sering karena gigitan dari anjing. Selain itu, biasanya, proses ini wajib dilakukan agar seseorang mendapatkan akses masuk ke istana.

Meski tak lagi memiliki alat vital, namun pria yang dikebiri diperbolehkan menikah dan memiliki keluarga dengan mengadopsi anak. Hal ini untuk memperpanjang silsilah para pekerja dan pejabat mereka dari kelas bangsawan.

Dengan meneliti berbagai catatan, Min dan rekannya Cheol Koo-Lee, dari Korea University, menemukan bahwa pria yang dikebiri memiliki usia lebih lama, yakni sekitar 14-19 tahun. Hal ini tentu saja dibandingkan dengan pria yang tak melewati metode ini.

Tim peneliti, yang temuannya dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini, mengatakan temuan mereka mungkin menawarkan beberapa petunjuk sebagai rahasia panjang umur untuk pria. [mor]

Komentar

Embed Widget
x