Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 17:25 WIB

Ini Cara Fashionista Kenali Tas 'Palsu'

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Jumat, 14 September 2012 | 10:28 WIB
Ini Cara Fashionista Kenali Tas 'Palsu'
ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta -Para pedagang tas branded palsu, alias KW, semakin menjamur bak kacang goreng di kalangan pencinta tas. Bagaimana cara fashionista membedakannya?

Setiap wanita gemar dengan barang fesyen bermerek, terutama tas. Sebab tas dari brand ternama biasanya memiliki kualitas bagus. Namun Anda juga perlu hati-hati saat membelinya. Tak sedikit tas bermerek yang dipalsukan dan membuat pembeli tertipu.

Dilansir Shineyahoo, berikut beberapa tips mengenali tas asli atau tiruan..

Tinjau dari sisi harga

Tas asli buatan desainer memang memiliki bentuk sempurna dan terlihat mewah. Tidak mengherankan jika dijual dengan harga relatif sangat mahal.

Mungkin selama ini Anda menantikan diskon besar-besaran agar bisa membeli tas tersebut. Tapi Anda jangan pernah percaya jika ada yang menawarkan barang bermerek asli dengan harga 30% di bawah harga asli.

Tas seperti Louis Vuitton (LV) tidak pernah didiskon di gerai resminya. Begitu pula dengan merek Chanel yang jarang sekali didiskon, khususnya di Asia. Kalau pun diskon biasanya barang yang sudah out of season.

Penulisan logo

Kenali logo dan bentuk huruf merek pada tas tersebut, karena yang palsu sering berbeda bentuk huruf. Bahkan ada yang tulisannya terbalik.

Bahan tas yang digunakan

Meskipun tas palsu ada juga yang dibuat dengan materi sangat bagus, namun jika Anda jeli maka akan terlihat perbedaannya. Seperti perbedaan pada warna kulit ataupun kelenturan tas. Biasanya tas palsu agak sedikit kaku dengan kepekatan warna kurang.

Perhatikan pula resleting (zipper) tas. Tas asli bahannya justru agak kasar dan biasanya pengait diembos dengan logo merek. Model resleting akan berubah sesuai pergantian musim. Selain itu resleting tas bermerek punya ukuran standar berat dan dimensi tertentu.

Serial Number

Jangan lupa, tas asli memiliki nomor seri yang biasanya tersembunyi di bagian dalam tas. Dalam setiap deretan angka yang tertera tersebut memiliki arti.

Protective Metal Base

Agar kulit dasar tas tidak mudah tergores, biasanya tas-tas bermerek dilapisi protective metal base di dasar tas. Beberapa merek memiliki protective metal base dengan standar tertentu dan di-emboss logo merek.

Kenali penipuan secara online

Ketika membeli secara online tas, pastikan itu dari sumber yang memiliki reputasi. Jika situs berbasis di China, khususnya Hong Kong. Lanjutkan pembelian dengan hati-hati, sebab 88,8% dari barang yang disita Hak Kekayaan Intelektual oleh ACG berasal dari sana.

Cari 'reseller' terpercaya

Hanya karena tas yang dijual secara online tidak selalu barang palsu. Tas asli dan vintage sering dijual di eBay, pembeli hanya perlu menjadi lebih pintar dari penjual.

Jika kesepakatan itu terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, biasanya ini. Sebuah tas Chanel tidak akan pernah dijual US$50 dollar (Rp480.000). Jadi gunakan akal sehat. [mor]

Komentar

Embed Widget
x